Panduan memilih loyalty program

Panduan Memilih Program Loyalitas Untuk Pemula

Jakarta, PCplus – Memilih program loyalitas (loyalty program) yang tepat adalah langkah penting dalam memaksimalkan manfaat dari pembelanjaan kamu. Dengan menggunakan program loyalitas, tentunya kamu bisa men-scale up bisnis untuk pertumbuhan secara ekonomis. Selain itu, menyediakan program loyalitas untuk melayani pelanggan adalah salah satu cara menghadapi persaingan usaha yang kini semakin ketat.

Baca Juga: Lagi, Printer Canon Dapat Net Promoter Customer Loyalty Award 2012

Nah PCplus punya panduan untuk pebisnis pemula dalam memilih loyalty program, simak ya:

1. Tentukan Tujuan kamu

Pertama, tentukan apa yang ingin kamu capai melalui program loyalitas. Apakah ingin mendapatkan diskon, poin reward, akses ke layanan eksklusif, atau hadiah lainnya? Mengetahui tujuan akan membantu kamu memilih program yang sesuai.

2. Pelajari Jenis Program Loyalitas

Ada berbagai jenis program loyalitas, seperti poin reward, diskon langsung, cashback, kartu membership, dan lainnya. Pelajari jenis-jenis program ini untuk memahami mana yang cocok dengan kebiasaan pembelanjaan kamu.

3. Identifikasi Penyedia Program

Kenali merek atau toko yang menawarkan program loyalitas. Biasanya, program loyalitas disediakan oleh toko retail, restoran, maskapai penerbangan, hotel, dan lainnya. Pilih program dari penyedia yang sering kamu kunjungi atau beli dari mereka. Salah satu penyedia program loyalitas adalah OttoPoint.

4. Cek Ketentuan dan Syarat

Bacalah dengan teliti syarat dan ketentuan dari program loyalitas yang kamu pertimbangkan. Perhatikan apakah ada biaya pendaftaran, batasan penggunaan poin, masa berlaku poin, dan apakah kamu harus mencapai ambang tertentu untuk mendapatkan manfaat.

5. Periksa Tingkat Poin atau Diskon

Bandingkan berapa banyak poin reward yang kamu dapatkan atau besarnya diskon yang ditawarkan oleh setiap program. Perhatikan juga bagaimana cara poin tersebut dihitung berdasarkan pembelanjaan.

6. Lihat Kemitraan Program

Beberapa program loyalitas memiliki kemitraan dengan perusahaan lain, seperti program gabungan dengan maskapai penerbangan atau bank. Hal ini dapat memberikan manfaat tambahan, seperti pengumpulan poin dari berbagai sumber.

7. Periksa Opsi Penukaran Poin

Pastikan kamu memahami cara penukaran poin atau manfaat lainnya. Apakah kamu dapat menukarkan poin untuk hadiah, diskon, atau layanan tertentu? Pastikan pilihan penukaran sesuai dengan kebutuhan kamu.

8. Evaluasi Keanggotaan

Beberapa program memiliki tingkatan keanggotaan yang berbeda, seperti silver, gold, atau platinum. Tingkatan-tingkatan ini biasanya menawarkan manfaat tambahan. Pertimbangkan apakah kamu berpotensi mencapai tingkat keanggotaan yang lebih tinggi.

9. Cek Ketersediaan Lokasi

Pastikan bahwa toko atau layanan yang terhubung dengan program loyalitas ada di daerah tempat tinggal atau sering kunjungi. Tidak ada gunanya memiliki program loyalitas yang bagus jika kamu sulit menemukan tempat untuk menggunakannya.

 10. Bandingkan Lebih Banyak Program

Jangan ragu untuk membandingkan beberapa program sebelum membuat keputusan. Perbandingan ini membantu menemukan program yang paling cocok dengan gaya hidup dan preferensi kamu.

Ingatlah bahwa program loyalitas seharusnya memberikan manfaat nyata buat kamu dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi. Dengan memperhatikan panduan di atas, kamu dapat memilih program loyalitas yang paling sesuai buat kamu sebagai pemula. Semoga tips di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *