Mengenal Gyroscope

Mengenal Gyroscope, Komponen Kecil Yang Hebat

Saat main game need for speed, smartphone kamu merespon kendali mobil dari gerakan tangan. Hanya dengan memiringkan perangkat ke kanan, mobil Lamborghini kamu bisa ikut belok kanan. Nah, kamu penasaran ga sih, kira-kira bagaimana smartphone kamu bisa sepintar itu? Tidak lain itu karena jasa komponen bernama Gyroscope. Yuk kita mengenal apa itu Gyroscope.

Baca Juga: Mengenal Istilah System On a Chip (SoC)

Gyroscope adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur atau mempertahankan orientasi dari sebuah sudut agar tetap stabil. Benda ini bekerja dengan menggunakan prinsip momentum sudut, yaitu besaran yang menunjukkan seberapa besar kecenderungan suatu benda untuk berputar. Gyroscope biasanya terdiri dari sebuah roda atau cakram yang berputar dengan cepat di dalam sebuah bingkai yang bisa bergerak bebas. Bingkai ini disebut gimbal, dan memiliki dua sumbu yang tegak lurus satu sama lain.

Cara kerja gyroscope dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Ketika perangkat mengalami rotasi, gyroscope akan merespons dengan menghasilkan gaya pada setiap sumbunya.
  • Gaya-gaya ini akan ditransfer ke sensor yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal elektronik.
  • Sinyal elektronik ini kemudian dibaca dan diinterpretasikan oleh perangkat elektronik untuk menentukan perubahan sudut atau rotasi yang terjadi.

YouTube video player

Dipakai di berbagai bidang

Gyroscope memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang, seperti navigasi, penerbangan, robotika, dan teknologi virtual reality (VR). Beberapa contoh penggunaan gyroscope adalah :

  • Pada sistem navigasi inersia, gyroscope digunakan untuk menentukan arah dan posisi suatu kendaraan tanpa membutuhkan kompas magnetik atau sinyal GPS. Contohnya adalah pada teleskop Hubble dan rudal balistik.
  • Pada kendaraan terbang, gyroscope digunakan untuk membantu mengontrol stabilitas dan orientasi pesawat, helikopter, atau drone. Contohnya adalah pada sistem fly-by-wire dan autopilot.
  • Pada robotika, gyroscope digunakan untuk membantu robot bergerak dengan lebih akurat dan seimbang. Contohnya adalah pada robot humanoid dan robot penjinak bom.
  • Pada teknologi VR, gyroscope digunakan untuk mendeteksi gerakan kepala pengguna dan menyesuaikan gambar yang ditampilkan sesuai dengan sudut pandang pengguna. Contohnya adalah pada headset VR dan smartphone.
  • Kalau kamu punya perangkat gimbal alias penstabil kamera. Nah itu juga bekerja dengan bantuan gyroscope di dalamnya.

Jadi, gyroscope ini sebenarnya perangkat canggih dan bermanfaat untuk berbagai keperluan. Dengan mengenal dan memahami prinsip dan cara kerja gyroscope, kita bisa lebih menghargai teknologi yang ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *