Review Asus Vivobook Go 14, Laptop untuk Pelajar

Jakarta, PCplus – Asus Vivobook Go 14 (E1404F) adalah laptop yang sangat sesuai untuk penggunaan di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Keunggulan perangkat ini terletak pada desainnya yang ringan dan kompak, memberikan kemudahan bagi pengguna yang sering bergerak.

Baca Juga: VivoBook, Jagoan Asus di Windows 8

Yang menarik, laptop untuk pelajar satu ini juga sudah memiliki standar military grade yang solid untuk sebuah laptop 6 jutaan.

Dari sisi desain, Asus Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki desain yang simpel dan elegan. Dengan pilihan warna Green Grey, Mixed Black, dan Cool Silver. Laptop ini terlihat kokoh dan sudah melewati uji ketahanan militer AS. Ia memegang sertifikasi MIL-STD 810H setelah melewati 26 prosedur pengujian ketat.

Meskipun memiliki standar militer, bobotnya hanya 1,3 kilogram dengan ketebalan 17,9 mm. Ini membuatnya sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana, ideal untuk pelajar atau individu yang sering bepergian.

Layar dan Konektivitas

Layar Vivobook Go 14 berukuran 14 inci dengan panel TN dan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Keunggulan layarnya terletak pada kecerahan 250 nits, yang jarang ditemui pada laptop pelajar dengan harga sekitar Rp6 jutaan.

Desain layar dengan NanoEdge Bezel membuatnya terlihat modern dan elegan. Sementara fitur low-blue light dari TÜV Rheinland membantu meminimalisir radiasi sinar biru yang dapat berdampak negatif pada mata.

Dalam hal konektivitas, Vivobook Go 14 dilengkapi dengan berbagai port, termasuk USB 2.0, USB-C 3.2 Gen 1, USB-A 3.2 Gen 1, HDMI, audio combo jack 3.5 mm, dan DC-IN.

Meskipun tidak memiliki port Ethernet (RJ45), laptop ini mendukung Wi-Fi 6E untuk koneksi yang lebih cepat dan Bluetooth 5.3.

Performa yang Tangguh

Didukung oleh prosesor AMD Ryzen 3 7320U, Vivobook Go 14 menawarkan performa yang baik untuk kegiatan multitasking dan produktivitas.

Dengan empat inti dan delapan thread, frekuensi dasar 2.4 GHz, dan frekuensi turbo 4.1 GHz, laptop ini mampu menghasilkan skor yang memuaskan dalam pengujian Geekbench 6 dan Cinebench R23.

Kartu grafis terintegrasi Radeon 610M memberikan performa yang memadai untuk aplikasi grafis ringan dan game casual.

Penyimpanan SSD 256 GB memberikan kecepatan tinggi dalam booting dan membuka aplikasi. Meskipun cukup untuk file-file penting, kapasitasnya bisa menjadi pembatas bagi pengguna dengan banyak file besar.

Baterai dan Keamanan

Baterai 42 Wh laptop ini menawarkan daya tahan yang cukup lama, mencapai 8 jam untuk kegiatan browsing dan hingga 7 jam untuk mengetik. Bahkan dalam pengujian sintetis untuk looping video Full HD non stop, ia bisa bertahan lebih dari 11 jam.

Fitur fast charging memungkinkan pengisian daya hingga 60% dalam waktu 49 menit. Adapun aspek keamanan ditingkatkan dengan fitur pengenalan sidik jari dan privacy shield untuk melindungi pengguna dari potensi serangan hacker.

Garansi 2 tahun yang disertakan oleh Asus, termasuk layanan purna jual Asus Perfect Warranty, menambah nilai tambah pada laptop ini. Dengan harga sekitar Rp6 jutaan, Asus Vivobook Go 14 menawarkan kombinasi layar Full HD, baterai tahan lama, dan fitur keamanan ganda, menjadikannya pilihan yang menarik untuk kegiatan akademis atau profesional.

Kesimpulan dan Ringkasan

Secara keseluruhan, Asus Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan paket lengkap yang cocok untuk kebutuhan pengguna yang aktif secara mobilitas. Desainnya yang ringan dan kokoh membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

Di sisi lain, layar Full HD dan performa yang solid memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Kelebihan Vivobook Go 14 tidak hanya terbatas pada desain dan layar, tetapi juga mencakup fitur-fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan pengguna.

Keyboard backlit yang tersedia juga mempermudah pengguna dalam kondisi pencahayaan redup. Sementara fitur keamanan biometrik seperti pengenalan sidik jari dan privacy shield menambahkan lapisan perlindungan tambahan.

Selain itu, performa multitasking yang efisien, dikombinasikan dengan penyimpanan SSD yang cepat, membuat laptop ini cocok untuk kegiatan produktivitas sehari-hari, termasuk pekerjaan perkantoran, studi, atau bahkan hiburan ringan.

Terakhir, dukungan baterai yang cukup lama dan fitur fast charging menjadi nilai tambah yang signifikan.

Walaupun ada beberapa keterbatasan seperti kapasitas penyimpanan yang terbatas bagi pengguna dengan banyak file besar, serta ketiadaan port Ethernet dan juga RAM yang tidak bisa di-upgrade, Asus Vivobook Go 14 tetap menjadi pilihan menarik dengan harga yang terjangkau.

Apalagi garansi 2 tahun yang inklusif dengan layanan purna jual Asus Perfect Warranty di tahun pertama semakin memperkuat daya tariknya di kelas entry-level.

Dengan demikian, bagi mereka yang mencari laptop ringan, kompak, dan handal untuk pelajar atau profesional, Asus Vivobook Go 14 bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version