Zenbook 14 OLED (UX3405): Sang Pelopor AI-Powered Laptop di Indonesia

AI atau kecerdasan buatan merupakan revolusi teknologi yang sedang meledak saat ini. Semakin hari aplikasi dan layanan berbasis AI semakin banyak dan mudah untuk diakses siapapun di dunia. Meski aplikasi dan layanan tersebut berkembang sangat pesat, namun hampir semuanya dijalankan di sistem cloud computing sehingga penggunanya masih membutuhkan konektivitas internet untuk menikmatinya.

Untuk mengakselerasi dan membuat AI berjalan lebih optimal secara lokal, dibutuhkan perangkat baru yang bisa memproses AI secara lebih optimal. Salah satu perangkat tersebut adalah AI-powered laptop dan Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan pelopor di Indonesia.

Lantas apa yang membedakan AI-powered laptop dengan laptop pada umumnya? AI-powered PC hadir dengan prosesor generasi terbaru yang dibekali NPU atau neural processing unit. NPU bekerja secara khusus untuk memproses segala sesuatu yang berhubungan dengan AI, khususnya memproses algoritma neural network. Karena dirancang secara khusus, algoritma neural network yang menjadi basis AI bisa diproses jauh lebih efisien oleh NPU. Hasilnya adalah sebuah laptop yang lebih pintar dan optimal untuk menjalankan aplikasi berbasis AI.

Zenbook 14 OLED (UX3405) sendiri ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series terbaru yang sudah dibekali dengan NPU bernama Intel® AI Boost. Kemampuan pemrosesan AI yang lebih baik tidak hanya menjadi keunggulan di laptop ini. Berkat layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, desain yang sangat portabel dengan bobot hanya 1,2 kg, dibekali fitur canggih, hingga bodi dengan durabilitas berstandar US Military Grade, Zenbook 14 OLED (UX3405) dengan mudah menjadi laptop tipis 14-inci terbaik yang bisa dibeli saat ini.

Laptop Ultraportable yang Sesungguhnya

Seperti seri Zenbook sebelumnya, ASUS kembali merancang Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai laptop ultraportable yang sesungguhnya. Tidak tanggung-tanggung, Zenbook 14 OLED (UX3405) adalah AI-powered OLED laptop tipis terbaik yang ada di pasar saat ini.

Tampil dengan ketebalan hanya 14,9 mm dan berat 1,2 kg, laptop ini menawarkan desain 10% lebih ringkas dibandingkan dengan model sebelumnya. Kemudahan dalam membawanya kemana-mana menjadikan laptop ini pilihan ideal bagi mereka yang memerlukan dukungan untuk meningkatkan produktivitas di berbagai tempat.

ASUS juga mengerti bahwa portabilitas bukan hanya soal ukuran dan bobot bodi laptop. Ketahanan baterai menjadi juga pertimbangan utama untuk menghadirkan portabilitas yang baik di laptop ini. Zenbook 14 OLED (UX3405) dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 75Wh yang dapat bertahan seharian, memungkinkan pengguna untuk terus bekerja tanpa henti.

Baterainya dirancang untuk memiliki siklus pengisian yang 20% lebih lama, memastikan durabilitas perangkat ini untuk jangka waktu yang lebih panjang. Menurut hasil pengujianmenggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode video loop, Zenbook 14 OLED (UX3405) terbukti dapat bertahan hingga lebih dari 15 jam. Sebuah capaian yang sangat baik untuk laptop ultraportable apalagi bobotnya yang sangat ringan.

Selain itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) mendukung fitur USB-C® Easy Charge, yang menambah kemudahan dalam pengisian daya. Kemampuan untuk diisi daya menggunakan adaptor USB-C® yang praktis atau melalui power bank memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna.

Dengan semua fitur tersebut, laptop ini menjadi solusi cerdas bagi mereka yang membutuhkan perangkat andal untuk menunjang kegiatan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun beraktivitas lainnya.

Terakhir, Zenbook 14 OLED (UX3405) secara mengejutkan juga tampil sebagai laptop yang telah berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem berstandar US Military Grade (MIL-STD-810H).

Melihat bobot dan ketebalannya, laptop ini sekilas terlihat memiliki tingkat durabilitas yang biasa saja, namun sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade menegaskan laptop tipis ini punya tingkat durabilitas yang jauh lebih baik. Sertifikasi tersebut dapat memberikan rasa aman kepada para penggunanya, khususnya saat laptop ini dibawa bepergian ke berbagai tempat.

Fitur Lengkap dan Premium

Selain sebagai laptop tipis portable, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dirancang untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman penggunaan terbaik kepada penggunanya. Lewat berbagai fitur canggih yang dimilikinya, laptop ini dipastikan dapat meningkatkan kualitas pengalaman komputasi bergerak bagi penggunanya.

Dalam hal sistem audio, Zenbook 14 OLED (UX3405) dilengkapi fitur Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster yang didukung oleh Dolby Atmos® dan speaker super-linear powerful dengan sertifikasi Harman Kardon, sehingga kualitas audio yang dihasilkan sangat baik. Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dibekali keyboard khusus, ASUS ErgoSense Keyboard, yang dirancang untuk memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman. Keyboard ini menawarkan suara tombol yang lebih senyap sehingga tidak akan mengganggu orang di sekitar.

Selain itu, kamera merupakan salah satu fitur unggulan di Zenbook 14 OLED (UX3405) karena merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan AI. Diberi nama ASUS AI Sense Camera, fitur berbasis AI mengandalkan tidak hanya satu sensor kamera, tetapi juga melibatkan IR sensor, ambient light sensor, serta color sensor. Memanfaatkan NPU, ASUS AI Sense Camera dapat menghadirkan gambar yang jauh lebih baik bahkan penggunanya bisa menikmati fitur cerdas seperti background blur, gaze correction, motion tracking, dan 3D noise reduction.

Lewat semua fitur tersebut, Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan kombinasi yang sempurna antara kinerja, kenyamanan, dan kualitas audio terbaik, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi para pengguna yang mencari laptop yang dapat menjadi perangkat pendukung mobilitas dan produktivitas sehari-hari.

Powerful dan Dibekali Layar dengan Kualitas Terbaik

Zenbook 14 OLED (UX3405) adalah laptop Intel® Evo™ Edition yang ramping, dilengkapi dengan prosesor AI canggih Intel® Core™ Ultra dan chip grafis terintegrasi Intel® Arc yang terbaru. Prosesor ini memiliki Neural Processing Unit (NPU) khusus untuk meningkatkan kinerja aplikasi berbasis AI, memungkinkan operasi yang efisien tanpa penggunaan daya yang berlebihan. Selain itu, laptop ini menawarkan penyimpanan SSD hingga 1 TB, RAM sebesar 32 GB, dan dukungan WiFi 6E (802.11ax), membuatnya menjadi pilihan utama dalam kategori laptop ultraportabel premium.

Berikut adalah hasil pengujian Zenbook 14 OLED (UX3405) yang ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra 5 dan RAM 16GB:

Layar ASUS Lumina OLED 3K (2880×1800) dengan refresh rate 120Hz pada Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan kualitas gambar yang jernih dengan kecerahan maksimum 600-nits. Dilengkapi rasio layar 16:10 yang optimal untuk produktivitas dan bezel yang sangat tipis yang menghasilkan screen-to-body ratio hingga 87%. Fitur Adaptive Sync pada layar ini juga secara otomatis menyesuaikan refresh rate untuk menyediakan pengalaman visual yang lebih lancar.

Dalam hal konektivitas, meskipun desainnya yang sangat kompak, Zenbook 14 OLED (UX3405) tidak mengurangi jumlah port I/O yang tersedia. Laptop ini dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 (TMDS), dan jack audio 3.5 mm. Dengan semua port ini, Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan kemudahan yang luar biasa dalam penggunaan sehari-hari, membebaskan pengguna dari kerepotan membawa berbagai dongle tambahan.

Secara keseluruhan, Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan kombinasi performa, portabilitas, dan kualitas visual yang optimal. Dengan fitur-fitur canggih seperti prosesor AI, layar OLED berkualitas tinggi, dan dukungan port I/O yang lengkap, laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan perangkat yang efisien dan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Pionir AI-Powered Laptop di Indonesia

AI merupakan masa depan teknologi dan Zenbook 14 OLED (UX3405) tampil sebagai pionir laptop tipis AI-powered di Indonesia. Laptop yang semakin cerdas ini akan mampu menjalankan berbagai aplikasi berbasis AI yang bakal menghujani dunia dalam waktu dekat. Jika Anda mencari laptop untuk masa depan, Zenbook 14 OLED (UX3405) adalah jawabannya.



Main Spec.
Zenbook 14 OLED (UX3405MA)
CPUIntel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU Intel® Core™ Ultra 5 Processor 125H 1.2 GHz (18MB Cache, up to 4.5 GHz, 14 cores, 18 Threads) with Intel® AI Boost NPU
Operating SystemWindows 11 Home
Memory32GB LPDDR5X 16GB LPDDR5X
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support (in some models)
GraphicsIntel® Arc™ Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
CameraFHD camera with IR function to support Windows Hello
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery75WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension31.24 x 22.01 x 1.49 ~ 1.49 cm
Weight1.2 Kg
ColorsPonder Blue, Foggy Silver
PriceRp17.299.000 (Ultra 5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) Rp20.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) Rp21.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch)
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version