ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop AI Paling Tipis, Ringan dan Lengkap

Laptop AI sudah semakin tersedia di pasaran, membawa konsep laptop ultra-portable ke level berikutnya. Salah satunya adalah seri ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), sang laptop AI paling tipis, ringan dan lengkap.

Sebenarnya Zenbook S 13 bukanlah seri laptop baru. Sejak awal, seri laptop ini menekankan desain yang sangat ringkas, ringan, dan premium, sesuai dengan huruf “S” dalam namanya yang dapat diartikan sebagai Slim dan Sophisticated. Namun sejalan dengan perkembangan laptop AI, ASUS pun melakukan refresh terhadap laptop ini dengan memanfaatkan Intel® Core™ Ultra 7 processor 155U terbaru yang sudah memiliki NPU dan Intel® AI Boost di dalamnya.

Dari sisi produk, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) berbeda dari laptop ultra-portable lainnya. Bukan hanya laptop OLED 13,3 inci paling tipis dan ringan, tetapi juga menawarkan performa mumpuni dan daya tahan baterai yang panjang.

Namun, performa dan daya tahan baterai bukanlah satu-satunya fitur menarik dari Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop ini memiliki bodi yang sangat tipis (hanya 1 cm tebal) dan ringan (1 kg), tetapi tetap dilengkapi dengan port yang lengkap, tidak hanya USB Type-C® seperti kebanyakan laptop ultra-portable lainnya. Selain dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga dilengkapi dengan port HDMI® 2.1, USB 3.2 Type-A, dan jack audio combo 3,5 mm. Menarik, bukan?

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang sangat tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan berat 1 kg. Bagaimana ASUS bisa mencapai desain laptop yang sangat ringkas dan ringan seperti ini? Jawabannya terletak pada teknik pembuatan canggih dan material khusus yang memungkinkan laptop ini tampil lebih ringkas dan ringan tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya tahan baterai.

Untuk menciptakan bodi yang sangat tipis, tim teknik ASUS menggunakan kamera IR FHD yang lebih kecil dan ditanam langsung di dalam layar dengan proses CNC. Panel OLED yang lebih tipis juga digunakan, membuat bagian layar laptop menjadi 30% lebih tipis.

Proses CNC presisi digunakan tidak hanya pada layar tetapi juga pada bodi utama, memberikan lebih banyak ruang untuk komponen tanpa mengorbankan kekuatan. Motherboard didesain dengan presisi untuk menampung dua kipas sangat tipis, meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik.

Untuk mengurangi bobot, paduan magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang dibuat dengan proses CNC. Penutup kaca sangat tipis juga digunakan pada touchpad, mengurangi ketebalan bagian keyboard deck sebesar 25%. Kombinasi teknik produksi canggih dan bahan berkualitas tinggi ini menghasilkan laptop ultra-portable yang belum pernah ada sebelumnya. Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah membawa konsep laptop tipis dan ringan ke level berikutnya tanpa mengorbankan apapun.

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop AI ultra-portable yang dilengkapi dengan berbagai port I/O sehingga pengguna tidak perlu membawa dongle atau adaptor saat bepergian. Dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4 mendukung pengisian cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Selain itu, terdapat juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, Zenbook S 13 OLED (UX5304) mengandalkan WiFi 6E generasi terbaru yang mampu terhubung ke tiga frekuensi jaringan (2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz). Selain itu, terdapat juga Bluetooth® 5.3 untuk menghubungkan berbagai aksesori nirkabel seperti wireless mouse atau headphone.

Untuk pengalaman video conference yang lebih baik di mana saja, kamera IR FHD di Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dilengkapi dengan efek visual khusus serta teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Sementara paduan sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster dapat menghadirkan pengalaman audio berkelas bagi para penggunanya.

Touchpad ASUS ErgoSense di Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini tampil dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Hal tersebut memungkinkan navigasi yang lebih mudah, nyaman, dan responsif, dengan lapisan anti-sidik jari yang mudah dibersihkan. Di sebelah kiri tombol panah juga kini sudah disematkan Copilot key, tombol singkat untuk jalan pintas ke fitur Microsoft Copilot milik Windows 11 terbaru. Fitur inilah yang dapat dengan mudah membedakan laptop biasa dengan laptop AI.

Dibekali Layar ASUS Lumina OLED

Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dibekali ASUS Lumina OLED, yaitu standar layar laptop terbaik saat ini. Layar ASUS Lumina OLED di Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir dengan resolusi 3K dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah dengan rasio layar 16:10, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati ruang kerja yang lebih luas sehingga aktivitas sehari-hari pun menjadi lebih produktif.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS Lumina OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. ASUS Lumina OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS Lumina OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS Lumina OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

Laptop AI yang Ramah Lingkungan

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan seri laptop Zenbook yang paling ramah lingkungan. Selain telah mengantongi sertifikasi EPEAT® Gold, laptop ini juga memiliki siklus hidup yang ramah lingkungan dan telah diakui secara internasional.

Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, dan proses daur ulang pada akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak sehingga menjadi salah satu laptop yang paling ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop seri Zenbook paling ramah lingkungan yang pernah dibuat. Laptop ini memanfaatkan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri dan digunakan di penutup keyboard, rangka, dan bagian layar sehingga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50%.

Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang. Tidak hanya itu kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga 100% dapat didaur ulang, dengan bahan yang dapat digunakan kembali sebagai kompos. Kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan 100% kertas bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang. Bagian penyangga dalamnya bahkan dapat digunakan sebagai dudukan laptop.

Berbeda dari laptop lainnya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi bodi berbahan plasma ceramic aluminum. Bahan yang dibuat mengguunakan teknik pemrosesan eksklusif tersebut hanya menggunakan air murni dan listrik, tidak memerlukan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Metode khusus tersebut tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan terhadap korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalisir dampak kerusakan lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.

Bagaimana dengan Performanya?

Selain unggul dalam hal dimensi, fitur, serta proses dan bahan pembuatannya yang ramah lingkungan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga tetap dapat tampil dengan performa yang powerful. Performa di Zenbook S 13 OLED (UX5304) dihasilkan dari Intel® Core™ Ultra 7 processor 155U yang menggunakan konfigurasi 12 core dan 14 thread. Prosesor generasi terbaru tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat dipacu hingga frekuensi 4.8GHz.

Intel® Core™ Ultra 7 processor 155U merupakan prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi. Chip Intel® Graphics tersebut memiliki performa yang cukup powerful untuk menunjang kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan masih dapat digunakan untuk bermain game casual.

Tidak hanya itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 processor 155U juga dibekali dengan fitur-fitur modern seperti Intel® Quick Sync yang memungkinkan proses encoding dan decoding video semakin cepat. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga merupakan laptop yang telah tervalidasi Intel® Evo™ platform. Artinya, laptop ini telah dijamin mampu menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik mulai dari bekerja, belajar, menikmati sajian hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif.

Untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut, ASUS membekali Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5X berkapasitas 32GB serta media penyimpanan data menggunakan PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat berjalan sangat gesit serta nyaman untuk multitasking.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil benchmark performa Zenbook S 13 OLED (UX5304):


Performa Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditemani dengan daya tahan baterai yang sangat panjang. Meski mengusung desain bodi yang sangat tipis, laptop ini ultra-portable ini dibekali dengan baterai berkapasitas 63WHrs yang dapat menemani penggunanya seharian. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode video playback, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat bertahan hingga lebih dari 15 jam dengan koneksi WiFi.

Laptop AI Ultra-Portable Terbaik

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang revolusioner. Tidak hanya sekadar tipis dan ringan, laptop ini dapat menghadirkan nilai dan manfaat lebih bagi para penggunanya mulai dari desain yang tipis dan ringan, layar berkualitas, konektivitas dan port I/O yang lengkap, serta performa terbaik di kelasnya. Tidak hanya itu, menggunakan laptop ini juga berarti ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan.

Main Spec.Zenbook S 13 OLED (UX5304)
CPUIntel® Core™ Ultra 7 processor 155U (12M Cache, up to 4.80 GHz)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory32GB LPDDR5X
Storage1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD
Display13,3-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker
GraphicsIntel® Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera1080P FHD IR Camera for Windows Hello
AudioAI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm
Weight1 Kg
ColorsBasalt Grey, Ponder Blue
PriceRp24.999.000
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version