ASUS Perkenalkan AI Laptop Copilot+ PC Pertama

laptop ai asus

Jakarta, PCplus – ASUS secara resmi telah meluncurkan laptop Vivobook S 15 (S5507) sebagai Copilot+ PC generasi pertama pada acara dengan tema “Next Level AI Incredible.” Laptop ini adalah yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon X Elite. Dan dilengkapi dengan serangkaian aplikasi AI eksklusif dari ASUS. Mereka dirancang untuk meningkatkan produktivitas serta memberikan pengalaman yang lebih kaya kepada penggunanya.

Baca Juga: Laptop AI Pertama ASUS Segera Diperkenalkan

S.Y. Hsu, Co-CEO ASUS, menyatakan bahwa peluncuran Copilot+ PC ini menandai awal era baru dalam dunia komputasi personal. Menurutnya, kehadiran Copilot+ PC yang didukung oleh Snapdragon X Elite merupakan tonggak bersejarah yang akan menetapkan standar bagi laptop masa depan. Hal ini juga sekaligua akan mengubah cara kita menjalankan aktivitas sehari-hari.

Acara peluncuran tersebut juga menampilkan perwakilan dari Microsoft dan Qualcomm Technologies, Inc. Sebelumnya mereka juga telah menggelar acara khusus untuk memperkenalkan Copilot+ PC.

Mark Linton, VP Device Partner Sales dari Microsoft, mengatakan bahwa kolaborasi dengan ASUS memungkinkan mereka untuk meluncurkan perangkat inovatif. Sekaligus mengintegrasikan pengalaman AI untuk para pengguna. “Vivobook S 15 akan menjadi perangkat pertama yang menampilkan kombinasi Copilot in Windows, Recall, dan Cocreator. Mereka menunjukkan sinergi antara AI on-device dan cloud-based,” jelas Mark.

Cristiano Amon, Presiden dan CEO Qualcomm Incorporated, menyampaikan rasa bangganya atas kolaborasi dengan ASUS dalam membawa inovasi teknologi terbaru. Beliau juga menantikan kerjasama berkelanjutan dengan ASUS untuk pengembangan perangkat inovatif lainnya seperti Vivobook S 15.

Dilengkapi AI engine ekslusif dari Snapdragon

ASUS Vivobook S15 adalah laptop Copilot+ PC pertama yang dilengkapi dengan AI engine langsung dari Snapdragon X Elite. Laptop ini membawa efisiensi daya yang belum pernah ada sebelumnya pada laptop berbasis Windows 11. Dengan daya tahan baterai yang bisa mencapai 18 jam. Selain itu, laptop ini juga dijejali dengan teknologi mutakhir. Seperti ASUS Lumina OLED 15,6 inci dengan resolusi 3K dan refresh rate 120 Hz, sistem audioHarman Kardon dan Dolby Atmos, serta desain yang portabel dengan bobot hanya 1,42 kg dan ketebalan 14,7 mm.

Laptop ASUS Vivobook S 15 (S5507) juga dilengkapi dengan AI tools terbaru di Windows 11. Perangkat pintar ini didukung oleh Snapdragon X Elite dengan NPU terintegrasi Qualcomm Hexagon. Teknologinya memiliki performa pemrosesan neural engine hingga 45 TOPS. Laptop modern ini juga dilengkapi dengan penyimpanan 1 TB PCIe 4.0 SSD. Dan memori LPDDR5X dengan kapasitas hingga 32GB yang beroperasi pada frekuensi 8448 MHz.

Beberapa fitur AI terbaru pada Vivobook S 15 (S5507) termasuk Windows Studio Effect yang dilengkapi dengan ASUS AiSense Camera untuk menyediakan sistem deteksi keberadaan pengguna melalui fitur presence-detection. Fitur ini memungkinkan laptop untuk secara otomatis meredupkan layar dan mengunci sistem ketika pengguna tidak berada di depan laptop. Ketika pengguna kembali, laptop akan otomatis terbuka dan menyala.

Kamera lebih keren dengan Windows Studio Effect

Windows Studio Effect juga memperbaiki kualitas kamera dengan bantuan AI. Ia menyediakan efek background blur, gaze correction, dan auto-frame dengan kualitas yang lebih baik. ASUS juga memperkenalkan aplikasi berbasis AI pertamanya pada Vivobook S 15 (S5507), yaitu Story Cube. Aplikasi keren ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mengelola aset digital dengan cerdas menggunakan AI untuk sorting, editing, dan exporting.

Dalam hal portabilitas, Vivobook S 15 (S5507) dirancang dengan bobot hanya 1,42 kg dan ketebalan 14,7 mm. Badan perangkat sengaja dibuat dengan bahan logam untuk menambah estetika. Laptop AI ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 70Wh yang menawarkan hingga 18 jam penggunaan dan pengisian daya melalui port USB-C dengan teknologi fast charging yang mampu mengisi daya melalui power bank.

Vivobook S 15 (S5507) hadir dengan tombol Copilot terdedikasi di keyboard untuk akses mudah ke asisten AI di Windows 11. Pengguna juga dapat mengatur audio, kecerahan layar, dan musik melalui gesture baru yang terintegrasi dengan touchpad berukuran besar pada laptop ini. Sebagai tambahan, keyboard laptop ini juga dilengkapi dengan RGB backlit.

Konektifitas lengkap

Dari segi konektivitas, meski Vivobook S 15 (S5507) dirancang untuk portabilitas, tetap mengedepankan pengalaman penggunaan terbaik. Hal ini karena ketersediaan ragam konektivitas yang lengkap dan canggih. Laptop AI ini menawarkan dua port USB4 Type-C untuk pengisian daya, koneksi ke monitor 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Ada juga dua port USB 3.2 Gen 1 Type-A, port HDMI 2.1, pembaca kartu microSD, dan combo audio jack.

Vivobook S 15 (S5507) juga sudah dibekali dengan WiFi 7 yang didukung oleh sistem Qualcomm FastConnect 7800. Dengan ini kamu bisa memiliki kecepatan koneksi sampai 5,8 Gbps atau 4,8 kali lebih cepat daripada WiFi 6. Sehingga pengguna dapat menikmati koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Tidak hanya itu, pengalaman audiovisual Vivobook S 15 (S5507) juga tidak kalah canggih. Ada layar ASUS Lumina OLED 15,6 inci beresolusi 3K dan refresh rate 120Hz untuk kualitas visual yang ciamik. Layar ini mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3. Dan dukungan teknologi HDR yang telah tersertifikasi oleh VESA. Sistem audio laptop ini telah mendapat sertifikasi dari Harman Kardon, dengan dukungan teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan suara yang kaya, detail, dan bebas distorsi.

Vivobook S 15 (S5507) akan segera tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. Untuk informasi lebih lanjut dan notifikasi peluncurannya, silakan kunjungi situs resmi ASUS di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version