Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Si Design Grafis

Salah satu profesi yang tengah menjamur dan berkembang pesat adalah desain grafis. Namun, untuk menunjang profesi tersebut, dibutuhkan perangkat yang mendukung agar dapat menciptakan karya yang berkualitas. Kini para desainer grafis juga memiliki mobilitas tinggi sehingga lebih memilih untuk menggunakan laptop dibandingkan komputer ketika bekerja.

Umumnya laptop yang tepat digunakan untuk para desainer grafis adalah yang punya spesifikasi tinggi. Pasalnya, para desainer grafis membutuhkan berbagai program atau software dengan kinerja yang berat, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, serta Corel Draw. 

Rekomendasi Laptop Terbaik

Kini sudah tersedia berbagai laptop yang cocok untuk desainer grafis. Simak apa saja rekomendasi laptop yang tepat untuk kebutuhan desain grafis, berikut ini:

1. ASUS ProArt Studiobook 16

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia desain grafis maupun kreator, ASUS ProArt Studiobook 16 adalah pilihan terbaik. Salah satu fitur yang paling mencolok dari ASUS ProArt Studiobook 16 adalah adanya ASUS Dial eksklusif.

ASUS Dial adalah kontroler berbentuk bulat yang intuitif dan memungkinkan kamu untuk mengakses shortcut ke berbagai aplikasi dengan cepat dan mudah. Dengan ASUS Dial, kamu bisa dengan mudah mengubah brush, saturasi, opasitas, kecerahan layar, dan volume, serta berbagai fungsi lainnya.

ASUS Dial juga kompatibel dengan berbagai aplikasi kreatif populer seperti Adobe Photoshop, Lightroom Classic, Premiere Pro, After Effects, dan Illustrator. Layar laptop ini juga menjadi salah satu yang terbaik untuk para desainer grafis karena berukuran 16 inci dan resolusi WQXGA dengan panel IPS. Layar ini mampu menampilkan warna dengan sangat akurat, dengan cakupan warna 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

Ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-12700H yang kuat dan kartu grafis RTX 3060 yang mumpuni, ASUS ProArt Studiobook 16 menawarkan performa yang luar biasa untuk berbagai tugas desain grafis. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM DDR4 32GB dan SSD NVMe hingga 2TB yang memberikan kapasitas penyimpanan yang besar untuk berbagai file kerja Anda.

Untuk memiliki ASUS ProArt Studiobook 16, budget yang perlu kamu siapkan adalah sekitar Rp40,9 juta. Harga tersebut sudah termasuk lisensi Windows 11, Office Home & Student 2021, dan garansi resmi ASUS Indonesia selama 2 tahun.

2. Lenovo Legion Pro 7i

bank digital adalah

Laptop lainnya yang cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai desainer grafis adalah Lenovo Legion Pro 7i. Salah satu fitur unggulannya adalah RAID 0 yang memungkinkan penggunaan dua SSD untuk meningkatkan kecepatan baca, tulis, dan kapasitas penyimpanan.

Fitur resizable bar memungkinkan prosesor untuk mengakses seluruh memori GPU. Sementara itu, prosesor Intel Core i9-13900HX dan GPU RTX j4090 menjadikan laptop ini memiliki performa yang sangat kencang.

Keunggulan lainnya adalah layar laptop ini memiliki gamut warna 100% sRGB, resolusi WQXGA yang tajam, dan terdapat sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari TUV Rheinland. Laptop ini juga mudah di-upgrade, dilengkapi dengan berbagai port, dan memiliki garansi 3 tahun plus garansi insiden tidak disengaja (ADP) dari Lenovo Indonesia. Dibanderol dengan harga sekitar Rp65,9 juta, laptop ini disertai dengan tas ransel, mouse, charger, Windows 11 Home, dan Office Home & Student 2021.

3. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Ini adalah laptop yang dirancang khusus untuk para kreator dan juga desainer grafis. Pasalnya, laptop ini tidak hanya memiliki CPU dan GPU dengan performa kencang, tetapi juga layar yang fleksibel. Layar laptop ini terdiri dari layar utama dan layar sekunder yang disebut ScreenPad.

Layar utama memungkinkan kamu untuk melihat hasil akhir desain sebelum dipublikasikan, sementara ScreenPad memungkinkan penyuntingan yang lebih leluasa tanpa perlu menggunakan mouse. Touchpad yang terletak di sebelah kanan keyboard juga dapat digunakan sebagai alternatif mouse. 

Bobotnya juga cukup ringan, hanya 1,7 kg saja sehingga cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Harga ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED adalah sekitar Rp37,9 juta. Tentu saja harga tersebut sudah termasuk Windows 11 Home, Office Home & Student 2021, tas ransel, pena stylus, stand laptop, sarung laptop, serta garansi resmi selama 2 tahun.

4. MacBook Pro 14 Inch M2 Max 2023 (12 core CPU, 30 core GPU)

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan ekosistem Apple dan tidak terbiasa dengan laptop Windows, ini adalah laptop yang bisa dipertimbangkan. Pasalnya, laptop MacBook Pro 14 Inch M2 Max 2023 memiliki pengalaman antarmuka pengguna yang lebih intuitif, kalibrasi warna yang akurat, dan kinerja pemrosesan yang lebih cepat. Laptop ini sangat powerful dan efisien dalam konsumsi daya berkat chipset Apple M2 Pro yang digunakannya. 

Istimewanya, meskipun chipset yang digunakan dalam laptop ini berbasis ARM, namun laptop ini tetap bisa menjalankan aplikasi x86 dengan lancar. Bahkan, beberapa software telah dioptimalkan agar bisa berjalan lebih mulus. Beberapa contohnya adalah Adobe Illustrator, Vectorworks, Affinity Publisher 2, Sketch, dan Pixelmator Pro. Jika tertarik untuk membeli MacBook Pro 14 Inch M2 Max 2023, kamu harus mempersiapkan budget sekitar Rp54,9 juta.

Itulah beberapa rekomendasi laptop terbaik yang cocok untuk keperluan desain grafis. Kamu bisa memilih salah satu dari 4 rekomendasi di atas agar lebih leluasa dalam berkreasi. Untuk membeli laptop kebutuhan desain grafis, kamu bisa mulai menabung di bank digital dari digibank by DBS.

Menabung di digibank by DBS bank digital adalah pilihan menarik karena dengan memanfaatkan fitur 20 Dompet Maxi dengan bunga tinggi mengelola keuangan agar mencapai target untuk membeli laptop baru menjadi lebih mudah. Terlebih lagi, kamu pun bisa melakukan transaksi pembayaran dengan digibank QRIS yang menawarkan limit sampai 100 juta, lho. 

Tak hanya itu saja, jika laptop yang kamu incar sudah terbeli, kamu pun bisa menabung dari hasil gaji sebagai si design grafis di tabungan digibank by DBS. Menariknya, kamu juga bisa sekaligus investasi Reksadana mulai 100rb saja.

Jadi tunggu apalagi? dengan menabung di bank digital, seperti digibank by DBS, kelola keuangan menjadi lebih cerdik, aman, dan mudah hanya dalam 1 genggaman. Yuk, klik di sini jika kamu tertarik untuk menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version