Tuesday, March 19, 2024
TrikTutorialTutorial Software

Tak Suka Windows 10? Inilah Cara Kembali ke Windows 7 atau 8

Sudah meng-upgrade ke Windows 10 dan ternyata tak suka dengannya? Kamu bisa kok balik ke sistem operasi yang lama dalam beberapa klik saja.

Untuk memudahkan kamu yang awalnya menggunakan Windows 7 dan Windows 8.1 sebelum upgrade ke Windows 10, Microsoft memang mengijinkan kamu mengembalikan (rollback) instalasi Windows 10 ke sistem operasi sebelumnya dalam kurun waktu 30 hari setelah upgrade. Tak usah kuatir, kalau kelak kamu mau balik lagi (ke Windows 10), kamu masih bisa memanfaatkan upgrade gratis Windows 10 untuk tahun berikutnya.

Cuma camkan bahwa men-downgrade ke OS lama berarti kamu harus masih punya folder Windows.old di C:\Windows.old. Jika itu sudah kamu hapus setelah upgrade, atau ketika setelah upgrade kamu melakukan clean install Windows 10, kamu tak bisa melakukan downgrade. Tapi kalau masih ada, begini cara rollback-nya:

 

1. Sebelum menggunakan opsi rollback, sisihkan waktu untuk mengeset beberapa hal. Pertama, pastikan semua data sudah kamu backup ke hard disk eksternal atau ke layanan berbasis cloud.

Pastikan juga kamu menyiapkan product key Windows 7 atau 8 untuk berjaga-jaga kalau diminta. Seharusnya sih ini tidak diminta, tapi sedia payung sebelum hujan saja deh.

Product key Windows 10 tidak usah disimpan, sebab penangannnya tidak sama dengan di OS-OS sebelumnya. Key dari OS lama kamu biasanya ada di stiker di bagian belakang PC (atau di bawah baterai notebook). atau disertakan bersama disc system untuk PC-mu.

2. Setelah semuanya siap, mari kita rollback. Buka Start menu, pilih Setting app, lalu masuk ke Update & Security > Recovery. Jika kamu berhak men-downgrade, maka kamu akan melihat opsi yang mengatakan Go back to Windows 8.1 atau Go back to Windows 7. Klik Get started dan ikuti wizard.

windows-10-rollback

3. Setelah kembali ke versi lama Windows, kamu harus mengutak-atik setup agar sempurna seperti dulu. Program-program lama mungkin harus di-instal ulang. Jika password di Windows lamamu tak sama dengan di Windows 10, kamu harus sign-in dengan password lama.

Eh, bagaimana jika kamu ingin men-downgrade setelah masa tenggang rollback 30-hari berakhir? Ah, kamu harus melakukan clean install dari recovery disc Windows 7 atau 8 original atau dari system image backup yang kamu simpan.

Kalau ini tak berhasil, pilihan terakhir adalah meng-instal Windows 7 atau 8.1 di virtual machine pada sistem Windows 10-mu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer