Smartphone Garmin Asus M10 Siap Menavigasi Indonesia

(Youtube/Joypad France)

JAKARTA, SELASA –  Pasti tahu nama Garmin kan? Ini adalah merek perangkat GPS (global positioning system) ternama di dunia. Produknya juga sudah dijual di tanah air. Kenal juga Asus kan? Bagaimana kalau keduanya berkolaborasi?

Hasil kolaborasi Garmin dan Asus itu sungguh menarik. Wujudnya sebuah smartphone  bernama Garmin Asus M10. Karena  menyandang nama Garmin, smartphone ini menawarkan fitur navigasi, alias penunjuk  jalan atau peta dengan akurasi 15 meter.  Di dalamnya sudah terkemas peta jalan-jalan di seantero Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Pemiliknya juga akan mendapatkan free update peta selama setahun.

Tak beda dengan ponsel  lain? Tentu beda dong. Sebab navigasi  yang ada di Garmin Asus M10 ini bisa dijalankan langsung tanpa jaringan selular.

Selain itu, menurut Idris Efendi (General Manager, Mobile Unit, Sistech Kharisma – distributor produk ini), kinerja Garmin Asus M10 jauh lebih cepat dibandingkan ponsel biasa. “Kira-kira 15x lebih cepat dari segi koneksi ke satelit,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa rata-rata ponsel lain membutuhkan waktu 2 – 3 menit  untuk koneksi ke satelit, bahkan sampai 5 – 10 menit. Namun Garmin Asus M10  cuma membutuhkan 33 detik dalam  kondisi statik, alias perangkat tidak bergerak. “Kalau kondisi bergerak, waktunya 37 detik. Rata-rata 35 detik,” kata Idris.

Kelebihan lain, tutur Idris, terletak pada navigasi yang tidak akan terputus kendati pengguna menerima panggilan telepon.  Ini berbeda dengan di ponsel lain yang akan otomatis menghentikan navigasi saat ada panggilan telepon masuk. “Di M10, bila pilih answer, maka di layar akan muncul icon. Navigasi tetap berjalan. Dan untuk pembicaraan ditutup, tinggal tutup icon itu,” jelas Idris.

Idris juga menyebutkan dua keunggulan lain.  Yang pertama, adanya car mount yang bisa dipakai untuk mengingat tempt kita parkir mobil dan untuk charge produk. Bila dimasukkan ke car mount, device otomatis akan mengaktifkan speakerphone.

Keunggulan berikutnya terkait dengan kemampuan Garmin Asus M10 untuk melakukan Wi-Fi sharing. “Bila ditaruh di mobil, bisa untuk mengaktifkan hotspot di dalam seluruh mobil itu,” kata Idris tentang ponsel pintar yang mengemaskan sistem operasi terbaru dari Microsoft, yakni Windows Mobile 6.5.3 Professional  itu.

Spesifikasi lengkap ponsel pintar ini sebagai berikut: prosesor Qualcomm MSM7227 600 MHz, RAM 512MB RAM, ROM 512MB ROM, dan flash memory internal 4GB. Ia bisa bekerja di jaringan HSPA dengan kemampuan downlink mencapai 7,2Mbps, punya koneksi Wi-Fi, USB v2.0, Bluetooth 2.0, dan EDR.  Kamera 5 megapiksel  sudah disematkan dalam layar 3,5”-nya.

Berminat memilikinya? Tahan dulu keinginan kamu.  Sebab Garmin Asus M10 baru akan tersedia bulan Juni mendatang dengan harga Rp 3,995 juta.  Ponsel pintar ini disebutkan akan hadir dalam pilihan warna putih, abu-abu, dan hitam.

Tanggapan Kamu

komentar