Tuesday, March 5, 2024
Istilah-Istilah Komputer dan TI

Mengenal Neural Processing Unit (NPU), Chip Khusus AI

Jakarta, PCplus – Pembaca setia PCplus pasti kenal yang namanya Central Processing Unit (CPU) atau Graphic Processing Unit (GPU). Sekarang ada yang baru, namanya NPU, kira-kira sudahk kenal belum? Kalau yuk kita mengenal Neural Processing Unit atau NPU yang bakal bikin PC tambah pintar.

Baca Juga: Ada Nih, App Android dengan AI untuk Tangkal Ancaman Cyber

NPU adalah singkatan dari Neural Processing Unit, sebuah chip pengolah data yang bisa mempercepat algoritma Machine Learning alias artificial intelligence (AI). Chip ini dibuat khusus untuk bisa menjalankan model prediktif atau model yang menggunakan data saat ini untuk membuat prediksi di masa depaa. NPU juga dikenal sebagai neural processor dan dirancang khusus untuk kecerdasan buatan di perangkat yang terhubung ke internet (IoT) atau tidak. Ia bisa mempercepat operasi perhitungan model jaringan saraf dan memecahkan masalah ketidakefisienan chip tradisional dalam operasi jaringan saraf.

Contoh penggunaan NPU di dunia nyata

NPU banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengenalan gambar, pengolahan bahasa alami, pengenalan suara, dan fungsi AI lainnya. Contoh penggunaan NPU adalah sebagai berikut:

  • NPU dapat membantu ponsel dalam melakukan tugas-tugas berbasis AI seperti mengambil foto dengan mode potret, menerjemahkan teks secara real-time, atau mengoptimalkan kinerja baterai.
  • NPU dapat membantu laptop dalam melakukan tugas-tugas berbasis AI seperti mengedit video, mengubah suara menjadi teks, atau mengenali wajah pengguna untuk login.
  • NPU dapat membantu perangkat IoT dalam melakukan tugas-tugas berbasis AI seperti mengontrol lampu pintar, mendeteksi gerakan, atau mengirim notifikasi ke pengguna.

NPU menggunakan arsitektur “data-driven parallel computing”. Iasangat baik dalam memproses data multimedia masif seperti video dan gambar. Selain itu, NPU juga mampu melakukan perhitungan matematika yang kompleks yang diperlukan untuk jaringan saraf buatan. Preosesnya juga lebih cepat dan hemat energi daripada CPU atau GPU tradisional. Di dalamnya ada modul khusus untuk operasi perkalian dan penambahan, fungsi aktivasi, operasi data 2D, dekompresi, dan lain-lain.

NPU banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengenalan gambar, pengolahan bahasa alami, pengenalan suara, dan fungsi AI lainnya. Contoh, kalau di PC kamu ada NPU di dalam GPU, NPU bisa dioptimalkan untuk tugas tertentu seperti deteksi objek atau percepatan gambar.

Dibuat hybrid bersama GPU

Saat ini konsep GPNPU (GPU-NPU hybrid) juga muncul. Ia bertujuan untuk menggabungkan kekuatan GPU dan NPU. GPNPU memanfaatkan kemampuan pemrosesan paralel GPU sambil mengintegrasikan arsitektur NPU. Tujuannya untuk mempercepat tugas-tugas berbasis AI. Kombinasi ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara fleksibilitas dan pemrosesan AI khusus. Termasuk melayani kebutuhan komputasi yang beragam dalam satu chip.

NPU adalah teknologi yang menjanjikan untuk masa depan AI. Dengan NPU, aplikasi AI dapat berjalan lebih cepat, lebih akurat, dan lebih hemat daya. NPU juga dapat membuka peluang baru untuk inovasi dan kreativitas dalam bidang AI. Makanya kamu harus mengenal NPU lebih jauh, karena ada masa depan keren di sana.

Komentar kamu