Saturday, March 2, 2024
Berita Teknologi

Masalah WiFi Setelah Update Windows? Mungkin Ini Sebabnya

Jakarta, PCplus – Microsoft telah menawarkan perbaikan sementara kepada pengguna Windows untuk masalah terkait WiFi setelah update Windows 11. Masalah ini diketahui bisa mengganggu koneksi nirkabel di jaringan publik, pendidikan, dan perusahaan. Demikian informasi yang dikutip PCplus dari Computerworld.

Baca Juga: Permasalahan Error Saat Update di Windows 8.1 Serta Solusinya

Langkah ini adalah respons terhadap laporan dari pengguna Windows yang mengalami masalah saat menghubungkan komputer mereka ke jaringan Wi-Fi. Hal ini terjadi sesaat setelah peluncuran pembaruan patch baru untuk produk sistem operasi Microsoft itu.

Microsoft menyebut ada dua pembaruan OS yang menyebabkan masalah di Wi-Fi ini, yaitu KB5032288 dan KB5033375. Masalah ini diakui sendiri oleh Microsoft dalam sebuah posting di situs webnya. Perusahaan Bill Gates ini juga mengakui terjadinya kesalahan kode sehingga mempengaruhi pengguna jaringan Wi-Fi.

Hanya terjadi di jaringan tertentu

“Seperti yang dilaporkan, Anda lebih mungkin terkena dampak masalah ini jika Anda mencoba menghubungkan ke jaringan Wi-Fi perusahaan, pendidikan, atau publik menggunakan autentikasi 802.1x,” tulis Microsoft. “Masalah ini tidak mungkin terjadi pada jaringan rumah.”

Memang, masalah tersebut secara tidak proporsional memengaruhi orang-orang yang menghubungkan ke Wi-Fi di jaringan nirkabel yang telah mengaktifkan transisi cepat atau roaming cepat. Ini biasanya digunakan di kampus/universitas untuk memfasilitasi konektivitas antara beragam titik akses.

Bahkan, beberapa universitas — seperti University of British Columbia — memberi tahu mahasiswa dan staf mereka tentang masalah tersebut sebelum Microsoft merespons . Mereka bahkan menyarankan untuk menghapus pembaruan sebagai langkah sementara untuk mengembalikan layanan sampai perbaikan yang didukung vendor tersedia.

Perbaikan Microsoft sebenarnya tidak jauh berbeda dari apa yang disarankan universitas dan apa yang sudah diterapkan banyak pengguna lain. Perusahaan tersebut mengeluarkan Known Issue Rollback (KIR) untuk mengembalikan OS ke versi kode sebelumnya yang tidak memiliki masalah.

Microsoft memperkenalkan KIR pada Maret 2021 sebagai layanan untuk memperbaiki bug non-keamanan2. Namun, ini hanyalah perbaikan sementara. Dan perusahaan tersebut berencana untuk memperbaiki masalah secara lebih komprehensif.

Microsoft juga mengatakan bahwa dibutuhkan waktu sampai 24 jam untuk memperbaiki masalah wifi setelah windows update ini secara otomatis ke perangkat konsumen dan perangkat bisnis non-terkelola. Pengguna dapat me-restart perangkat mereka untuk membantu mempercepat prosesnya.

Untuk perangkat yang dikelola perusahaan dan mengalami masalah, dapat diselesaikan dengan menginstal dan mengonfigurasi Kebijakan Grup khusus. Settingnya dapat ditemukan di “Computer Configuration -> Administrative Templates -> <Group Policy name listed below>”

Curhat di platrom diskusi Reddit

Respon Microsoft tidak datang cukup cepat bagi beberapa pengguna. Banyak diantara mereka yang dengan cepat beralih ke platform diskusi seperti Reddit untuk mengeluh secara terbuka tentang harus mengatasinya sendiri dengan mengembalikan pembaruan. “Tanpa kejutan Microsoft merusak hal-hal dengan ‘pembaruan’ mereka,” tulis seorang pengguna yang tidak puas di Reddit. “Cara terbaik untuk menguji daripada produksi. Terus rendahkan standarnya.”

Halaman Komunitas Microsoft juga dipenuhi oleh orang-orang yang mengeluh tentang perbaikan. Sebagian besar pengguna melaporkan bahwa laptop Windows baru yang baru dibeli mengalami koneksi nirkabel yang lambat atau tidak bisa dipakai.

Sebenarnya ini bukan kali pertama update Windows membawa masalah. Beberapa kali pembaruan oleh Microsoft yang bertujuan memperbaiki perangkat lunaknya malah secara tidak sengaja mengganggu layanan yang ada.

One thought on “Masalah WiFi Setelah Update Windows? Mungkin Ini Sebabnya

  • Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat! Saya selalu mencari sumber berita yang dapat memberikan wawasan mendalam seperti yang diberikan oleh website ini. Sangat membantu untuk tetap terhubung dengan berita terkini dan relevan.Oh ya, sambil kita berbicara tentang keterhubungan online, jangan lupa cek juga V.af, penyedia URL shortener terbaik yang membantu mempersingkat dan menyederhanakan tautan Anda. Dengan V.af, pengalaman berbagi tautan menjadi lebih efisien dan stylish. Jangan lewatkan untuk mencoba! 👍✨

Komentar kamu