Microsoft Pilih Windows 7 Untuk OS Tablet PC

HP Slate yang Ber-OS Windows 7
HP Slate yang Ber-OS Windows 7

Dalam pernyataan resminya saat peluncuran Windows Phone 7 di New York kemarin, Microsoft menyebutkan bahwa mereka tidak akan menggunakan Windows Phone 7 sebagai sistem operasi tablet dalam waktu dekat. Mereka lebih condong untuk menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi perangkat tersebut.

Menurut Greg Sullivan, senior product manager Microsoft,  Windows Phone 7 dirancang untuk perangkat berlayar kecil seperti smartphones. Sistem operasi ini tidak dirancang untuk bekerja pada layar yang lebih besar seperti tablet PC. Tablet dirancang untuk mengombinasikan e-reading, gaming, Web surfing dan kemampuan video dalam satu perangkat ringkas.

Mereka lebih memilih Windows 7 karena OS ini dinilai memiliki tawaran plikasi yang lebih beragam dan berbasis layar sentuh, terang Sullivan. Pengguna tablet menurutnya membutuhkan pengalaman yang lebih menyerupai PC ketimbang ponsel. Sehingga mereka akan merancang versi Windows 7 yang lebih hemat listrik untuk ditanamkan pada tablet.

Namun, pengguna iPad yang menggunakan sistem operasi iPhone berpendapat berbeda. Menurut mereka, sistem operasi mobile menawarkan keuntungan lebih disbanding OS komputer. Seperti kemudahan mengyalakan perangakat serta kemudahan mengakses toko aplikasi yang disediakan.

Namun, Sullivan bersikeras bahwa tablet dengan Windows 7 lebih baik daripada menggunakan software ponsel. Menurutnya, Windows Phone 7 yang leboh ramping, tak sekuat Windows 7 dalam berkomunikasi dengan banyak perangkat keras lainnya. Seperti pada jaringan printer misalnya. Selain itu, aplikasi yang dirancang untuk Windows Phone 7 tidak akan terlihat prima ketika ditampilkandi layar yang lebih besar, tambahnya.

Sejumlah vendor pun mengemukakan alasannya memilih Windows 7 untuk tablet PC mereka. Hawlett-Packard menggunakan Windows 7 untuk tablet kelas enterprise mereka, karena sistem operasi ini memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menjalankan berbagai aplikasi. Dell punsepertinya setuju dengan pernyataan ini.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: