IWIC 2013 Siap Jaring Entrepreneur Muda

opening-iwic

CEO Indosat, Alexander Rusli (kedua dari kanan) didampingi Direktur Founders Institute, Andy Zain (ketiga dari kiri) saat meresmikan IWIC di Jakarta hari ini (11/6). (PCplus/Brama)


JAKARTA, SELASA
– Indosat hari ini resmi meluncurkan program Indosat Wireless Inndovation Contest atau IWIC di Jakarta. Program yang digagas sejak 2006 dan sudah ketujuh kalinya dilaksanakan ini merupakan salah satu program kepedulian korporasi kepada masyarakat yang bertujuan memajukan pengembangan aplikasi mobile di Indonesia.

Mengambil tema “Digital Innovation and Entrepreneurship for Stronger Indonesia”, IWIC 2013 menekankan kepada pengembangan aplikasi lokal sekaligus mengasah talenta muda Indonesia agar bisa bersaing secara global. “Kita seharusnya tidak boleh bangga misalnya hanya karena Jakarta adalah salah satu kota dengan pengguna Twitter terbesar di dunia, begitu pun dengan Facebook. Yang mesti dibanggakan adalah ketika aplikasi dalam negeri kita bisa dikagumi secara global, karena saat ini inovasi adalah bicara global, bukan lagi lokal,” kata CEO Indosat, Alexander Rusli, saat peresmian IWIC siang ini.

Alex menambahkan bahwa menjadi inovatif saja belum cukup tanpa dibarengi dengan pembinaan dan pemodalan yang cukup. “Ekosistem ini yang ingin dibangun oleh Indosat dengan menyelenggarakan acara seperti IWIC bekerjasama dengan Founder Institute sebagai mitra IWIC kali ini,” jelas Alex.

Gandeng Founders Institute

Penyelenggaraan IWIC kali ini memang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya terutama dengan hadirnya Founders Institute sebagai pembina inovasi finalis yang lolos seleksi. Tahap pembinaan yanng disebut dengan Innovation Boot Camp ini akan dilaksanakan selama 2 haribagi 40 nominator dengan titik berat peningkatan kemampuan dan keahlian dalam bidang entrepreneur. Para pemenang IWIC tahun ini juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari Founders Institute disamping  hadiah lain bernilai ratusan juta rupiah dan beasiswa dari Indosat.

Keliling 18 Kampus
Rangkaian IWIC akan dimulai dengan melakukan sosialisasi program dan seminar Start Up ke 18 universitas terkemuka nasional. Dalam seminar yang dapat diikuti oaleh seluruh mahasiswa secara gratis tersebut akan diberikan training serta sharing pengalaman dari para entrepreneur bidang teknologi dan aplikasi. Indosat menargetkan 4000 mahasiswa akan ikut serta dalam rangkaian seminar yang dilaksanakan mulai 19 Juni mendatang.

Ada 7 kategori aplikasi yang dilombakan di IWIC kali ini, mereka adalah: Games, Sport, Social Media, Music, Video, Store dan Info. Ke tujuh kategori ini boleh dikembangkan di 4 jenis perangkat/sistem operasi, seperti Android, Blackberry, iOS dan Feature Phone. Informasi lengkap penyelenggaraan IWIC 2013 bisa dilihat di www.indosat.com/iwic7 atau media sosial resmi di @iwicindonesia untuk twitter dan halaman Facebook di IWIC2013.

Tanggapan Kamu

komentar