Akses Folder Windows 8 dari Linux

t04-435-windows8-gb00Dua edisi lalu kita telah membahas cara untuk mengakses Ubuntu dari Windows 8. Teknik tersebut tidak serta merta membuat kamu bisa mengakses folder yang dibagipakaikan Windows 8 dari Linux. Nah, supaya kamu bisa mengakses folder-folder Windows 8, kamu harus mencoba tutorial ini.

Langkah 1:
Konfigurasi Komputer di Workgroup yang sama

Caranya:

t04-435-windows8-gb11

 

1. Buat Workgroup yang sama. Buka layar Start, ketik “System”, klik Settings, lalu klik ikon System di sisi kiri. Klik link “Change Settings” di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8.

 

t04-435-windows8-gb12

 

 

2. Di jendela System Properties masuklah ke tab Computer Name dan lihat nama workgroup yang ada di sana. Bandingkan dengan informasi nama workgroup yang ada di Linux. Bila sama, kamu bisa langsung lompat ke langkah 4. Kalau beda, ikuti dulu langkah 3.

 

 

t04-435-windows8-gb12

 

3. Klik tombol “Change” yang ada di tab Computer Name. Setelah itu, di jendela Computer Name Changes, klik menu Workgroup yang ada di kotak Member if lalu di kolom bawahnya, isi nama yang sama dengan workgroup Linux. Tekan “OK” untuk menyimpan perubahan. Bila diminta, restart PC agar bisa tersambung dengan workgroup baru.

 

 

Langkah 2:
Konfigurasi PC Windows untuk Dibagipakai

t04-435-windows8-gb20Bagipakaikan file seperti biasa. Jalankan Windows Explorer, lalu jelajahi nama folder yang ingin dibagipakaikan. Klik kanan folder tersebut, pilih “Share with > Homegroup (view)” untuk memberikan akses baca saja atau “Share with > Homegroup (view and edit)” untuk memberikan akses baca tulis.

 

Langkah 3:

Akses Folder dari Linux
Dalam contoh ini kita akan menggunakan Ubuntu sebagai contoh. Untuk mengakses folder yang dibagipakaikan lewat Ubuntu, ada dua cara yang bisa digunakan. Kamu bisa mengakses jaringan lewat network browser atau koneksi langsung dengan PC Windows. Ini dia langkah-langkah detilnya.

Opsi A: Akses lewat Network Browser

t04-435-windows8-gb31

 

 

1. Klik menu Places > Network dari desktop kamu.

 

 

 

t04-435-windows8-gb32

 

 

2. Saat muncul jendela Network File Browser, klik ganda ikon Windows Network pada daftar.

 

 

 

t04-435-windows8-gb33

 

3. Selanjutnya bakal muncul daftar jaringan komputer bersistem operasi Windows yang terdeteksi oleh Linux. Klik ganda sesuai dengan nama workgroup yang kamu buat pada langkah 1.

 

4. Terakhir, klik ganda nama komputer kamu yang bersistem operasi Windows 8. Folder yang dibagipakaikan tadi akan muncul dan bisa diakses seperti biasa.

 

Opsi B: Koneksi Langsung ke Windows

t04-435-windows8-gb41

 

 

1. Dari desktop, klik menu “Places > Connect to Server”.

 

 

 

t04-435-windows8-gb42

 

 

2. Nantinya akan munncul jendela Connect to server di layar. Kamu diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan seputar server yang membagipakaikan file.

 

 

t04-435-windows8-gb43

 

 

3. Untuk mendapatkan informasi yang tepat, beralihlah ke PC Windows kamu. Setelah itu, klik kanan folder yang dibagipakaikan, klik “Properties” dan klik tab “Sharing”. Catat nama folder sharing dan Network Path-nya.

 

 

t04-435-windows8-gb44

 

4. Sekarang, balik lagi ke Linux. Masukkan informasi berikut di jendela Connect to Server:
• Service type: Windows share;
• Server: WINDOWS-PC (diisi dengan nama komputer);
• Share: /Users/nama/Desktop (path dari folder yang di bagipakaikan. Tanda backslash (\) diganti dengan slash (/));
• Folder: shared (nama folder yang dibagipakaikan).

 

5. Berikan tanda cek di depan opsi “Add Bookmark” dan berikan Bookmark name dengan nama apa saja yang memudahkan kamu untuk mengingat nama folder dan lokasi file yang dibagipakaikan.

t04-435-windows8-gb45

 

6. Klik “Connect”. Jendela yang berisi folder yang dibagipakaikan di Windows 8 akan muncul secara otomatis. Di lain waktu, kamu bisa mengakses folder yang sama dengan cepat hanya dengan mengklik bookmarknya saja pada menu Places.

 

 

 

Naskah: Steven Andy Pascal [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar