Review Sennheiser Momentum

UjiSeptember-SennheiserMomentum

Pertama kali melihat Sennheiser Momentum, PCplus langsung berpikir headphone ini cocok buat orang yang memperhatikan penampilan. Ya, Sennheiser Momentum punya tampilan yang gaya. Headband-nya menggunakan brushed stainless steel yang pada bagian sebelah atasnya dilapisi dengan kulit. Kulit yang digunakan ini diklaim oleh Sennheiser punya daya tahan yang bagus terhadap keringat dan air. Jadi kamu tidak perlu khawatir menggunakannya pada kondisi yang memungkinkan kamu berkeringat. Pada earpad-nya, Sennheiser juga memanfaatkan kulit. Kulit earpad ini lembut dan fleksibel sehingga cukup nyaman di telinga.

Bicara kenyamanan, Sennheiser mengklaim Momentum sabagai headphone circumaural, namun menurut PCplus, ukurannya yang kurang besar membuatnya lebih menyerupai supra-aural. Akibatnya, Sennheiser Momentum ini tidak senyaman varian yang lebih besar seperti Sennheiser HD 600. Selain itu, karena bersifat closed, pemakaian lama mengakibatkan kuping PCplus terasa agak panas.

Untuk koneksi, headphone yang ditujukan untuk peranti portabel ini menawarkan dua konektor. Yang pertama untuk dipasangkan pada jack 3,5mm biasa, sementara yang kedua ditujukan untuk berbagai peranti keluaran Apple. Saat dikombinasikan dengan aneka peranti dari Apple, kamu juga bisa melakukan sejumlah pengaturan seperti mengatur volume, memilih lagu berikutnya maupun sebelumnya, sampai menjawab telepon. Menggunakan konektor untuk peranti Apple memang membuatnya menyerupai headset.

Dari sisi kemudahan pembawaan, Sennheiser menyertakan sebuah carrying case. Berhubung Sennheiser Momentum ini tidak dapat dilipat, carrying case yang diberikan juga berukuran cukup besar. Meskipun begitu, ia tetap bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel.

Lalu bagaimana suaranya? Setelah mendengar sekumpulan lagu yang menjadi standar pengujian PCplus, PCplus mendapatkan bahwa Sennheiser Momentum menawarkan bass yang mantap, bulat, tidak berbuntut. Midrange termasuk vokal terasa hangat tanpa distorsi. Bunyi kecap dan desis terasa empuk. Treble sangat bisa dinikmati tanpa memekakkan telinga. Suara saxophone yang melengking tinggi, nyaman terdengar, tidak pecah.

Sennheiser Momentum mampu mereproduksi detail secara optimal. Keseimbangan antar instrumen terjaga. Bunyi simbal, dentingan piano, dan vokal sungguh nyaman terdengar. Soundstage yang dihasilkan pun bagus, namun berhubung closed, terasa kurang lebar. Meskipun begitu, sifatnya yang closed ini membuatnya mampu meredam suara dari luar. Sangat membantu bila saat dipakai di perjalanan, kondisi sekitar berisik. Sayang, suara yang mantap dan berbagai kelebihan lain itu harus ditebus dengan harga yang tidak sedikit.

 

www.sennheiser.com
Astrindo Senayasa
(021) 6121330
Rp. 5.400.000,-
2 Tahun

 

 

UjiSeptember-SennheiserMomentum-Inset1

Konektor untuk peranti Apple dilengkapi dengan smart remote yang bisa mengatur sejumlah fungsi.

 

UjiSeptember-SennheiserMomentum-Inset2

Sennheiser memutuskan untuk tidak melapisi plug pada kedua konektor yang disertakan dengan emas.

 

 

Spesifikasi:

Ear Coupling Circumaural
Prinsip Transducer Dinamik, closed
Frequency Response 16 – 22000 Hz
Impedansi 18Ω
THD (pada 1kHz, 100dB SPL) ≤ 0,5%
SPL 110dB
Bobot ± 190gr (tanpa kabel)
Kabel Koneksi 1,4m, detachable; 3,5mm jack stereo plug,6,3mm adapter stereo

1,4m, smart remote, microphone, detachable;  3,5mm jack rotatable plug

 

 

+ Suara mantap, material yang digunakan bagus, ada fungsi kontrol untuk peranti Apple.
–  Harga tinggi, tidak senyaman headphone circumaural besar.

Rating: 7,3

 

Tanggapan Kamu

komentar