Review ECS B85H3-M3

UjiOktober-ECSB85H3M3

Intel menawarkan sejumlah chipset untuk prosesor terbarunya yang sering disebut dengan Haswell. Aneka chipset itu memiliki peruntukkan yang berbeda. Salah satunya adalah Intel B85 Express yang ditujukkan untuk bisnis skala kecil. Berbagai produsen motherboard telah melengkapi jajaran produknya dengan beragam chipset Intel itu, termasuk B85 Express seperti yang hadir dari ECS lewat B85H3-M3.

Menggunakan Intel B85 Express, ECS B85H3-M3 mendukung Intel Small Business Advantage. Sekadar informasi, mengutip dari Intel, Intel Small Business Advantage adalah computing platform yang terdiri dari hardware, software, dan firmware yang ditujukan untuk bisnis kecil tanpa managed network. Intel Small Business Advantage ini menawarkan enam aplikasi yakni Data Backup and Restore, PC Health Center, Software Monitor, USB Blocker, Energy Saver, dan Wireless Display. Tiga yang pertama adalah wajib, sementara sisanya opsional. Tujuannya utamanya untuk membantu mengelola keamanan dan produktivitas. Jadi dengan ECS B85H3-M3 kamu bisa mengatur peranti USB apa saja yang akan dikenali ketika “dicolok” ke port USB misalnya. Tujuannya antara lain agar tidak tertular virus dari sembarang USB flash disk.

Bagaimana dengan kelengkapan lain? Sejalan dengan peruntukkannya yang untuk berkerja bukan untuk bermain game atau enthusiast, motherboard ECS ini tetap lebih mengandalkan kelengkapan yang ditawarkan chipset Intel B85 Express. Tidak ada eSATA dan FireWire. Selain itu, ECS juga tidak memasangkan tombol mudah untuk clear CMOS di panel belakang (ECS memberikan cara mudah untuk clear CMOS lewat tombol PgUp yang sayangnya hanya untuk keyboard PS/2) maupun indikator akan proses POST. Tidak ada juga tambahan SATA dan USB 3.0, namun jumlah SATA dan USB 3.0 ini sudah lebih dari cukup untuk banyak keperluan, hanya saja tidak ada RAID. Header untuk USB 3.0 di panel depan pun disediakan.

ECS B85H3-M3 menyediakan hanya dua slot memori utama yang berarti akan digunakan seluruhnya bila kamu memanfaatkan dual channel. Pastikan kapasitas yang digunakan optimal. Untuk slot ekspansi ada sebuah slot PCI-Express x16, satu slot PCI-Express x1, dan dua slot PCI. Sayangnya, bila kamu memasangkan kartu grafis slot ganda, slot PCI-Express x1 yang hanya satu itu akan terhalang. Penggunaan solid capacitor pun tidak pada seluruh capacitor. Beberapa masih menggunakan electrolytic capacitor.

Buat kamu yang punya monitor lawas, jangan khawatir, ECS menyediakan keluaran ke displai yang lengkap termasuk D-Sub 15pin. Selain D-Sub 15pin ini, ada DVI-D dan HDMI.

Sejumlah fitur khas ECS pun tidak ketinggalan hadir melengkapi peranti ini, seperti Durathon yang memberikan daya tahan lebih baik dan eDLU yang memudahkan update driver.

Plus: Ada Intel Small Business Advantage, beberapa fitur khas ECS tersedia.

Minus:  Tidak sepenuhnya menggunakan solid capacitor, lokasi slot PCI-Express 2.0 x 1 kurang ideal, minim kelengkapan tambahan.

PCplus Rating: [xrr rating=7.5/10]

 

www.ecs.com.tw
ECS Indonesia
(021) 6282048
US$89
5 Tahun

 

UjiOktober-ECSB85H3M3-Inset1

Hadirnya D-Sub 15pin, DVI-D, dan HDMI membuat motherboard ECS ini bisa dihubungkan dengan beragam displai.

 

UjiOktober-ECSB85H3M3-Inset2

Posisi slot PCI-Express 2.0 x1 kurang ideal berhubung akan terhalang bila menggunakan kartu grafis tebal.

Spesifikasi Keterangan
Chipset Intel B85 Express
Soket LGA1150
Dukungan Prosesor Pentium G3220T  s/d Core i7-4770K
Base Clock
Jumlah Kanal/Slot Memori Utama 2/2
Dukungan Memori Utama DDR3-1066 s/d DDR3-1600, sampai 16GB
Grafis Terintegrasi Pada prosesor
Slot Ekspansi 1 PCI-Express 3.0 x16, 1 PCI-Express 2.0 x1, 2 PCI
SLI/CrossFireX
Port SATA/Port PATA 4 (6Gbps), 2 (3Gbps)/-
Port eSATA
Audio ALC662
LAN RTL8111G
USB 2.0/FireWire 8/-; 4 USB 3.0
Panel Belakang – PS/2 Keyboard/Mouse- USB 2.0 x6- D-Sub 15pin Out- DVI-D Out- HDMI Out- RJ-45- USB 3.0 x2- Audio x3
Fitur Andalan – Intel Small Business Advantage- Durathon- ECS EZ BIOS- EZ Charger- Anti-Static Design
Solid Capacitor Sebagian
Form Factor Micro ATX

[ws_table id=”2″]

Tanggapan Kamu

komentar