Hilangkan Snap.do di Chrome dan Firefox

Laman Snap.do yang mengganggu

Laman Snap.do yang mengganggu

Jakarta  – Kesal karena tab browser kamu tiba-tiba berubah jadi laman yang tidak dikenal seperti gambar diatas? Pembajakan peramban seperti ini biasanya akibat dari Adware yang diselipkan saat kamu mengunduh software gratis. Menurut techsupportall.com adware diinstal tanpa sepengetahuanmu dan membajak browser. Tak hanya Chrome, tapi juga Internet Explorer, Firefox, dan lainnya. Satu hal yang paling mengganggu ketika kamu menggunakan Chrome, ketika kamu login di Chrome perangkat lain, Snap.do ini ikut muncul di Chrome tiap perangkat, terkecuali perangkat mobile sih.

Apa yang diinginkan oleh pembuat Adware sebenarnya hanya agar kamu meng-klik iklan yang ada di laman mereka. Sebab, dengan demikian mereka bisa mendapat komisi besar. Selain itu, mereka mungkin juga melacak kebiasaan kamu berseluncur di dunia maya. Gunanya, agar mereka bisa memberikan iklan yang tepat sesuai kesukaanmu, sehingga kamu akan mengklik iklan yang muncul di browser yang telah dibajak itu. Di lamannya, Snap.do mengaku tidak akan membagi data pribadimu ke pihak ketiga. Snap.do juga membeberkan beberapa cara untuk menghilangkan tab dan smartbar mereka dari browsermu.

Chrome

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan Snap.do dari Chrome. Pertama kamu klik Chrome Menu chrome menu, klik Setting, ubah pilihan “On Startup”. Kamu bisa memilih untuk Open the New Tab page sehingga tab Snap.do tak akan muncul lagi. Tapi pilihan ini tentu tak akan menghilangkan program itu dari browsermu. Setidaknya, pemandangan mengganggu itu akan menghilang.

Pilih "Open the New Tab Page" di Setting-an Chrome

Pilih “Open the New Tab Page” di Setting-an Chrome

 

Pilihan lain adalah dengan menghapus Snap.do dari setelah laman spesifik yang terbuka saat memulai Chrome. Pilih “Set pages” pada opsi “

Tab Snap.do itu bersembunyi disini di Chrome

Tab Snap.do itu bersembunyi disini di Chrome

Kalau laman ini masih muncul juga di browser kamu, hilangkan software ini sama sekali dari komputermu dengan cara berikut.

Windows XP

1. Klik Start > Control Panel > Add or Remove Programs.
2. Dari daftar program yang terinstal yang tampak di box, klik Snapdo Smartbar
3. Klik custom
4. Klik Remove Snapdo
5. Klik Next > Accept > Continue

Windows 7 (32bit and 64bit)

1. Klik Start > Control Panel > Programs and Features (untuk mempermudah tentu kamu tinggal mengetik program and feature di kolom search yang ada di paling bawah saat kamu mengklik start menu).
2. Klik Snapdo Smartbar
3. Klik custom
4. Klik Remove Snapdo
5. Klik Next > Accept > Continue

Menariknya, meskipun kamu sudah menguninstal Snapdo dari removeable program, si Snapdo ini tetap menempel di browser. Jadi kamu tetap harus menggunakan dua cara sebelumnya untuk menghilangkannya sama sekali. Sebaliknya, jika kamu sudah melakukan dua cara diatas dan si Snapdo tetap membandel, kamu perlu menguninstalnya dahulu. Oiya, kalau kamu kesulitan menemukan nama “Snapdo Smartbar” di box program and feature, coba cari nama “Pando Networks”. Selain cara manual ini, kamu juga bisa mencoba menghilangkannya dengan menginstal adware remover.

Firefox

Untuk pengguna Firefox, sama seperti di Chrome, kamu juga bisa membersihkan Adware ini dengan menghapusnya dari ekstensi membersihkannya dari home page. Berikut yang bisa kamu lakukan di Firefox seperti dijelaskan di anvisoft.com. Oiya, sebelumnya jangan lupa untuk menguninstal softwarenya dulu ya.

1. Buka Mozilla Firefox, klik Tools > Add-ons. Pilih Extensions dan hilangkan Snap.do dari daftar.

Hilangkan pilihan Snapdo dari ekstensi di Firefox

Hilangkan pilihan Snapdo dari ekstensi di Firefox

2. Untuk menghilangkan Snapdo dari kotak pencarian, klik ikon Snap.do di kotak itu, dan pilih Manage Search Engines. pilih Snap.do dari daftar dan klik Remove untuk menghilangkannya. Klik OK untuk menyimpan perubahan ini.
Menghilangkan Snapdo dari kotak pencarian di Firefox

Menghilangkan Snapdo dari kotak pencarian di Firefox

3. Untuk menghilangkannya dari Home Page, klik Tools > Options. Pada tab “General” hilangkan pilhan feed.snap.do dari “Home Page” dan ganti dengan home page yang kamu mau. 
Bersihkan Snapdo dari Home Page di Firefox

Bersihkan Snapdo dari Home Page di Firefox

4. Ketik about:config di kotak URL, enter. Klik I’ll be careful, I promise! Setelahnya ketik snap.do pada kolom Search, maka akan tampil semua pilihan yang sudah diubah oleh ekstensi Snap.do. Klik kanan, dan pada kotak pilihan yang muncul pilih Reset to restore default value. Kamu harus mereset semua preferensi yang muncul disini.
Hilangkan preferensi Snapdo

Reset preferensi Snapdo

Tanggapan Kamu

komentar