Asus EeeBook Baru Dibandrol 3 Jutaan

A1Berlin, PCplus – Ingat EeePC, netbook mungil yang sukses dibesut Asus untuk menjembatani antara pengguna gadget handheld dan notebook? Nah, tahun ini EeePC punya penerus, namanya EeeBook X205 yang dikenalkan Asus  di ajang IFA Berlin.

Berbeda dengan EeePC, produk yang hadir dalam 4 warna keren ini justru didesain untuk memenuhi harapan pengguna perangkat mobile yang haus akan fitur tapi tetap ingin tampil gaya. “Kami membuatnya sangat ringan dan tipis, dengan berat hanya 980 gram,” jelas Direktur Senior Produk Asus, Derek Yu di salah satu konferensi publik IFA kemarin (3/9). “Desain sangat dipikirkan Asus, sehingga EeeBook bisa tampil dengan desain premium dan pas saat digenggam,”  tambah Yu.

asus eeebook x205Desain Asus EeeBook yang tipis sepintas memang mirip dengan varian ultrabook dari Asus. Kendati demikian, jeroan EeeBook X205 bukan masuk dalam kategori ultrabook yang menggunakan prosesor seri U dari Intel. Ia memakai prosesor Atom Bay Trail T Z3735 dari Intel yang memiliki 4 inti.

Prosesor yang berjalan di kecepatan 1,83GHz ini punya L2 Cache sebesar 2 megabyte dan dipadupadankan dengan Intel HD graphics sebagai grafis bawaan. Seri T di belakang nama Bay Trail menandakan bahwa prosesor ini didesain untuk dipakai di perangkat tablet atau perangkat mobile yang butuh komputasi sedang namun tetap portabel. “EeeBook ini sangat hemat energi. Saat dalam moda siaga (standby) ia bisa bertahan hingga 14 hari tanpa harus diisi ulang,” jelas Yu dalam presentasinya.

Oleh Asus, notebook berukuran 11,6 ini ini sepertinya disiapkan untuk menjembatani antara pengguna tablet dan notebook namun dengan fasilitas yang lebih lengkap. Memang, Asus EeeBook X205 tidak dibekali layar sentuh, namun fasilitas seperti port micro HDMI, USB dan microSD tersedia disini. “Notebook ini juga punya keyboard ukuran penuh dengan touchpad yang lebih besar sehingga lebih nyaman dipakai,” tambah Yu.

Saat dipresentasikan di Berlin, Derek Yu menyebut Asus EeeBook X205 ini bakal dipasarkan seharga 199 3uro, atau sekitar 3 juta rupiah jika dikonversi ke mata uang lokal.

Spesifikasi Asus EeeBook X205

Processor Quad core Intel Atom™ Bay Trail-T Z3735 processor running at up to 1.83GHz
Display 11.6-inch LED backlit HD (1,366 x 768)
High-contrast gloss finish
Operating System Windows 8.1 with Bing
Storage eMMC 32/64GB
115GB Microsoft OneDrive free for 2 years (15GB for life)
500GB ASUS WebStorage free for 2 years
RAM 2GB
Connectivity 802.11a/b/g/n dual-band Wi-Fi
Bluetooth 4.0
Input 2x USB 2.0
Micro HDMI out
1x 3.5mm headphone/mic combo jack
Micro SD card slot (SDXC, up to 64GB)
Camera Front-facing VGA
Audio 2x 2W high-quality stereo speakers
High quality microphone
Battery 38Wh, 12 hours for web browsing
Dimensions 286 x 193.3 x 17.5mm
Weight 980g
Colors Black, White, Red and Gold

 

Tanggapan Kamu

komentar