BEIJING, PCplus – Bagi banyak perusahaan, pertumbuhan bisnisnya tahun lalu mungkin kurang menggembirakan. Namun tidak demikian dengan Huawei.
Huawei, begitu diumumkan Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou, tetap tumbuh efektif di tahun 2014 karena berhasil memberikan nilai tambah pada konsumen. Dalam rilis persnya, Wanzhou mengungkapkan pendapatan dari penjualan globalnya diperkirakan naik nyaris 20% dari tahun ke tahun. Tahun 2014, pendapatannya diperkirakan mencapai 287 miliar – 289 miliar Yuan.
Pertumbuhan terbesar, 32%, berasal dari bisnis konsumer. Bisnis carrier network mencatatkan pertumbuhan 15%, dan enterprise 27%.
Laba dari bisnis utama Huawei, kata Wanzhou, pada tahun 2014 diprediksi mencapai 33,9 miliar – 34,3 miliar Yuan dengan margin 12% yang secara proporsional sejalan dengan tahun 2013. Sementara itu arus kas dari aktivitas operasional dan rasio aset dan kewajiban tetap di angka yang stabil dan kuat.
Tahun 2014, perusahaan Tiongkok ini juga meningkatkan dana R&D-nya. Sejumlah 39,5 miliar – 40,5 miliar Yuan digelontorkan untuk R&D pada tahun 2014, atau meningkat 28% tahun demi tahun. R&D memang merupakan kekuatan Huawei. Saat ini ia merupakan perusahaan Tiongkong dengan jumlah paten penemuan terbanyak.