DJI Phantom 4: Bisa Menghindari Halangan

Phantom 4

Perusahaan drone asal Tiongkok, DJI, baru saja merilis Phantom 4. Inilah kelebihan drone seharga US$1399 ini.

Bisa menghindari halangan

Boleh dibilang inilah babak baru pengembangan drone. Drone yang ada selama ini pada dasarnya hanyalah obyek terbang yang mengandalkan kemampuan pengguna untuk menerbangkannya. Namun DJI Phantom 4 ini dibekali kemampuan untuk “melihat” obyek di sekitarnya sehingga bisa secara otomatis menghindar jika akan menabrak pohon atau gedung.

Kemampuan ini didapat dengan menempatkan dua sensor di dua kaki depan drone ini. Digabungkan dengan algoritma khusus, sensor ini dapat memindai obyek di sekitarnya dan menghindari obyek tersebut.

Berkat kemampuan ini, implementasinya pun bisa sangat luas. Dalam video promosinya (yang bisa kamu lihat di akhir artikel), diperlihatkan bagaimana pengguna bisa “menyuruh” drone ke titik tertentu cuma dengan double tap di layar smartphone atau tablet. Nanti Phantom 4 akan langsung terbang ke sana, termasuk menghindari obyek yang menghalangi. Drone ini bisa menghindari menyamping atau terbang lebih tinggi; tergantung dari jenis obyek.

Bahkan jika obyek tersebut tidak bisa dihindari (seperti gedung yang sangat tinggi), Phantom 4 memiliki kemampuan untuk berhenti dan melayang di tempat menunggu instruksi selanjutnya.

Mengikuti Obyek

Keistimewan lain dari Phantom 4 dibekali kemampuan untuk mengikuti obyek yang Anda tentukan. Dalam video promosinya ditunjukkan, bagaimana drone ini bisa mengikuti seorang pesepeda menjelajahi sebuah hutan. Obyek tersebut akan selalu berada dalam frame video, membawa sensasi seperti kita benar-benar berada di sana.

Selain mode mengikuti gerakan, Phantom 4 juga bisa terbang mengorbit obyek tertentu untuk menghasilkan sebuah video yang mengitari obyek tersebut. DJI mengklaim, Phantom 4 bisa mengikuti gerakan sampai dengan kecepatan 72 km/jam.

Kamera yang Lebih Baik

Kamera utama di Phantom 4 memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi maksimal 4K dengan frame rate 30fps atau Full-HD dengan 120fps. DJI juga mengklaim penggunaan lensa berdesain khusus yang akan meningkatkan ketajaman gambar yang dihasilkan. Kamera ini dilengkapi 3-axis gimbal untuk menjaga kualitas video dari getaran atau hentakan selama terbang.

Durasi Lebih Lama

DJI juga mengklaim Phantom 4 memiliki waktu terbang 28 menit dan 5km, atau 25% lebih lama dibanding Phantom 3. Hal ini merupakan hasil dari perbaikan sistem baling-baling, desain yang lebih aerodinamis, serta kapasitas baterai yang lebih besar.

DJI Phantom 4 sudah bisa dipesan sekarang di situs DJI dengan harga US1399.

Tanggapan Kamu

komentar