• Home »
  • Fitur »
  • Teknologi-teknologi Unik yang Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Teknologi-teknologi Unik yang Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

ilustrasi

Teknologi sejatinya dibuat untuk memudahkan manusia. Inovasi terkadang lahir dari pemikiran akan hal-hal yang bersifat sepele. Dengan ilmu pengetahuan yang terus digali, kini telah banyak teknologi yang sudah diaplikasikan dalam bentuk produk guna memudahkan aktivitas sehari-hari. Dari sekian banyak teknologi tersebut, ada beberapa yang menarik untuk disimak. Berikut diantaranya:

Lockitron – Gunakan smartphone untuk mengunci pintu

www.9to5mac.com

kredit: www.9to5mac.com

Lockitron adalah sebuah teknologi yang dirancang untuk menggantikan fungsi kunci pada pintu rumah dengan bantuan smartphone. Memiliki bentuk layaknya sebuah gembok canggih, Lockitron memanfaatkan smartphone sebagai kunci untuk membukanya. Perangkat ini telah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 4.0 yang berguna sebagai penghubung ke smartphone. Sebagai penunjang daya, Lockitron menggunakan baterai jenis AA. Sedangkan smartphone yang berfungsi sebagai kunci mesti terpasang aplikasi pendukung yang bisa didapat dari App Store. Selain itu, pengguna juga bisa membuka atau mengunci pintu dari mana saja. Untuk fungsi ini, Lockitron mesti terhubung dengan jaringan rumah yang memiliki akses internet.

Feature lainnya yang ditawarkan Lockitron adalah notifikasi yang akan mengirimkan pesan ke pengguna mengenai kondisi pintu. Dengannya, pengguna bisa mengetahui apakah pintu dalam keadaan terkunci atau tidak. Bahkan pengguna juga bisa mengetahui jika ada yang mengetuk pintu rumah. Hal ini karena telah terpasang sensor khusus yang tertanam pada Lockitron.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan sinyal yang telah dienkripsi sehingga jika seandainya smartphone hilang, Lockitron dapat langsung menonaktifkan dari jarak jauh. Sayangnya, Lockitron hanya mendukung smartphone berbasis iOS 8 dan iPhone 4S keatas. Bagi yang tertarik, Lockitron dijual secara pre-order melalui situs resmi mereka mulai dari harga US$99.

Sky Wi-Fi Smartpen – Pena digital dengan koneksi Wi-Fi

kredit: www.livescribe.com

kredit: www.livescribe.com

Bagi Anda yang sering melakukan pencatatan menggunakan pena, ada cara lebih modern yang bisa mempermudah aktivitas tersebut. Adalah Livescribe, perusahaan yang berbasis di Oakland, California, membuat sebuah pena digital yang dapat mengkonversi tulisan ke media digital dengan nama Sky Wi-Fi Smartpen. Pena tersebut bekerja dengan cara merekam setiap gerakan ke dalam memori internal yang telah tertanam. Tidak hanya itu, pena pintar ini juga terintegrasi dengan sistem komputasi awan sehingga konten dapat diakses secara remote melalui smartphone, tablet dan PC.

Pena ini juga terintegrasi penuh dengan media sosial dan Evernote yang memungkinkan penggunanya mengirimkan catatan digital secara nirkabel ke akun mereka. Selain merekam tulisan, bisa pula digunakan untuk merekam suara sehingga cocok digunakan bagi Anda yang sering mengikuti rapat ataupun wartawan saat mewawancara nara sumber.

Smartpen ini memiliki bobot dan ukuran yang lebih besar dibanding pena biasa karena didalamnya telah terdapat berbagai komponen seperti kamera, memori, prosesor, Wi-Fi, serta layar berukuran kecil. Meski demikian, Livescribe menjamin pena ini masih cukup nyaman digenggam dan digunakan.

Sky Wi-Fi hadir dalam beberapa model dengan harga yang bervariasi. Untuk Sky Wi-Fi dengan kapasitas memory 2 GB (200 jam waktu perekaman) dijual seharga US$169.95, kapasitas memori 4GB (400 jam waktu perekaman) seharga US$199.95 dan kapasitas memori 8GB (800 jam waktu perekaman) dijual seharga US$249.95, bonus 1 tahun berlangganan Evernote Premium.

Sugru – Lem silikon multiguna

kredit: www.apartmenttherapy.com

kredit: www.apartmenttherapy.com

Seringkali perabot rumah tangga Anda mengalami sedikit kerusakan namun tidak bisa digunakan lagi. Misalnya gagang keran air yang patah. Agak sayang jika harus mengganti secara keseluruhan, padahal alat tersebut masih berfungsi dengan baik. Hal inilah yang menjadi awal dari ide untuk membuat sebuah alat yang mampu memperbaiki bagian-bagian kecil suatu peralatan atau perangkat.

Jane Ni Dhulchaointigh, mahasiswi desain produk di Royal College Of Art, Irlandia, memiliki ide untuk menciptakan Sugru. Sugru sendiri diambil dari bahasa Irlandia yang berarti main. Berkat ciptaannya ini, Jane bahkan sempat masuk sebagai salah satu finalis Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2013.

Sugru adalah sejenis lem yang dapat dibentuk berbahan seperti lilin yang dapat mengeras seperti karet dan melekat pada permukaan apapun, mulai dari keramik, logam, kayu, plastik dan lain-lain. Setelah dibentuk, Sugru akan mengering dan mengeras sehingga dapat menggantikan benda yang rusak, contohnya gagang keran air tadi. Dengan fleksibilitas yang dimilikinya, Sugru bermanfaat untuk banyak hal karena dapat dibentuk sesuai kreativitas masing-masing penggunanya.

3Doodler – Cetak 3D dari pena

kredit: www.dawn.com

kredit: www.dawn.com

Mencetak obyek 3D dari sebuah printer memang sempat menjadi tren. Namun rata-rata printer tersebut masih cukup mahal bagi sebagian orang. Belum lagi prosesnya yang memakan waktu dan rumit. Oleh karena itu, Wobble Works, sebuah produsen mainan asal Boston, menawarkan solusi yang lebih mudah dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua orang melalui 3Doodler. Pena ini awalnya merupakan proyek di Kickstarter yang akhirnya sukses mendapat pendanaan dan kini sudah dijual ke pasaran.

3Doodler adalah pena pertama dan satu-satunya yang dapat menghasilkan obyek 3 dimensi. 3Doodler sangat mudah untuk digunakan, tanpa membutuhkan komputer atau aplikasi tertentu. Awalnya pena ini menggunakan daya listrik yang terhubung dengan kabel. Namun kini 3Doodler telah hadir dengan desain baru yang lebih praktis. Pada versi terbarunya, pena tersebut bisa dioperasikan menggunakan baterai sehingga pengguna bisa lebih bebas saat menggambar  tanpa terganggu oleh kabel power.

Dengan sistem yang mirip dengan solder, 3Doodler menggunakan bahan plastik ABS sebagai isi atau tintanya. Bahan plastik ini dapat mengeras dalam waktu singkat dan cukup aman untuk digunakan. Banyak hal yang bisa dikreasikan menggunakan 3Doodler, seperti membuat model 3D, hiasan gantung, aksesori lucu dan lain sebagainya. Jika tidak dapat menggambar sendiri, pengguna dapat mengunduh berbagai contoh model gambar yang disediakan situs resmi mereka. 3Doodler ditawarkan dengan harga terjangkau yaitu US$99 atau sekitar Rp 1,3 juta.

Tile Tracker – Pelacak barang hilang

kredit: www.thetileapp.com

kredit: www.thetileapp.com

Apakah Anda sering merasa kesal karena barang-barang sering hilang atau kesulitan saat mencari benda yang akan digunakan? Jika iya, ada solusi menarik yang ditawarkan Tile Tracker. Tile Tracker adalah sebuah alat berukuran kecil yang berfungsi layaknya sebuah pelacak berbasis GPS. Pengguna cukup gantungkan Tile Tracker pada kunci, dompet, ditempel pada laptop, atau barang lainnya.

Kemudian pengguna bisa melacak barang-barang tersebut menggunakan aplikasi dari smartphone. Aplikasi ini mampu mendeteksi hingga 10 Tile Tracker dalam 1 akun. Dari sini aplikasi akan mampu melacak barang yang telah disertakan Tile Tracker dalam jarak hingga 150 meter. Nantinya Tile Tracker secara otomatis mendeteksi barang yang hilang tersebut dan akan mendapatkan notifikasi lokasi. Layaknya smartphone, pengguna juga melakukan missed call pada benda yang hilang tersebut karena Tile Tracker memiliki built in speaker di dalamnya. Asiknya lagi, tidak dibutuhkan baterai sehingga Tile Tracker dapat terus aktif.

Bagaimana jika hilang di luar jangakuan tersebut? Aplikasi Tile juga memiliki komunitas yang akan membantu mencari barang yang hilang tersebut. Cukup laporkan, dan tunggu informasi dari komunitas tersebut. Tile Tracker kompatibel dengan smartphone berbasis iOS 7 dan iOS 8 serta Android 4.4 keatas yang memiliki fitur bluetooth 4.0. Untuk mendapatkannya, Tile Tracker bisa dipesan secara pre-order melalui situs resmi dengan kisaran harga mulai dari US$19,95 sampai US$179,55.

Tanggapan Kamu

komentar