• Home »
  • Trik »
  • Acronis True Image 2017 (2): Cara Mudah Pulihkan Sistem Ke Kondisi Semula

Acronis True Image 2017 (2): Cara Mudah Pulihkan Sistem Ke Kondisi Semula

Jika sistem operasi bermasalah, cara termudah adalah dengan memulihkan sistem yang sebelumnya telah di-backup. Untuk itu, sebelumnya kamu mesti telah melakukan proses pencadangan (backup) seperti yang PCplus tunjukkan tutorial sebelumnya yang tersedia pada tautan berikut.

Sebelum memulihkan, kamu mesti membuat media boot recovery terlebih dahulu. Media boot ini bisa berupa CD/DVD atau flashdisk. Namun karena ukuran file-nya tidak besar, sebaiknya kamu menggunakan media flashdisk. Ingat, bahwa proses membuat bootable akan menghapus data yang ada di flashdisk. Jadi amankan dulu jika flashdisk kamu terdapat data penting.

Pertama
Jalankan Acronis True Image 2017. Arahkan ke fungsi Tools. Klik Rescue Media Builder.

Kedua
Pasang media flashdisk ke komputer atau laptop. Selanjutnya pilih Acronis Bootable Rescue Media.

Ketiga
Pilih drive dimana flashdisk tersebut berada. Selanjutnya aplikasi akan melakukan konfirmasi untuk memastikan data boot yang akan dipasang di flashdisk. Klik Proceed untuk melanjutkan proses tersebut. Proses membuat flashdisk bootable-pun selesai, dan bersiap ke tahap recovery.

Keempat
Boot komputer Anda dengan menggunakan flashdisk bootable tadi. Masuk ke BIOS dan atur agar booting pertama melalui flashdisk. PCplus berasumsi bahwa pengaturan untuk proses booting dari flashdisk sudah sudah dimengerti.

Kelima
Setelah berhasil booting dari flashdisk, akan tampil tiga atau pilihan dan kamu bisa memilih pilihan pertama yaitu Acronis True Image.

Keenam
Pada jendela utama, kamu tinggal memilih fungi Recovery. Klik Browse for backup dan arahkan ke file backup yang sebelumnya telah kamu buat. Klik Refresh backups untuk memulai proses pemulihan.

Ketujuh
Setelah selesai, tutup aplikasi dan booting kembali secara normal dari komputer atau laptop. Selanjutnya sistem akan kembali ke kondisi seperti saat kamu melakukan backup.

Tanggapan Kamu

komentar