Review Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Melengkapi Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, Asus juga meluncurkan Zenfone 4 Max menjelang penghujung tahun 2017 lalu. Asus Zenfone 4 Max merupakan varian dengan bodi yang lebih kompak namun tetap menawarkan daya tarik baterai yang besar seperti ciri khas seri Zenfone Max.

Desain

Asus Zenfone 4 Max masih memiliki desain yang sangat identik dengan Zenfone 4 Max Pro. Smartphone ini memiliki material aluminium yang membuatnya terasa kokoh. Meskipun begitu, terkadang PCplus merasa bodinya sedikit terasa licin. Untungnya di dalam paket penjualannya Asus juga memberikan sebuah softacse untuk memberikan sedikit perlindungan tambahan buat bodi smartphone ini.

Posisi tombol navigasi pun tetap sama, tombol back di kiri dan task switcher di sebelah kanan. Tombol home di bagian tengah juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari ini memiliki kinerja yang cukup baik dan responsif untuk membuka kunci layar.

Jika Zenfone 4 Max Pro memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel, maka Zenfone 4 Max memiliki bodi yang lebih kompak. Smartphone ini memiliki layar berdiagonal 5,2 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Dengan layar yang lebih kecil, maka smartphone ini terasa lebih kompak dan lebih nyaman saat digunakan dengan satu tangan.

Spesifikasi

Asus Zenfone 4 Max masuk ke segmen entry-level. Diposisikan di bawah Zenfone 4 Max Pro, smartphone ini juga memiliki spesifikasi yang lebih sederhana. Smartphone ini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 425 dengan RAM sebesar 3 GB.

Untuk kapasitas memori penyimpanannya, smartphone ini memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB. Selain itu, masih tersedia tambahan selot kartu memori microSD yang mendukung hingga 128 GB.

Hasil pengujian Asus Zenfone 4 Max ini bisa diilihat pada gambar-gambar berikut.

Menggunakan chip Snapdragon 425 yang merupakan prosesor quad-core, kinerja smartphone ini berada di bawah Zenfone 4 Max Pro yang menggunakan prosesor octa-core Snapdragon 430. Namun kinerjanya secara umum masih mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari seperti email dan media sosial. Sedangkan untuk bermain game, smartphone ini masih mampu untuk menjalankan hampir seluruh game yang ada di Play Store, kecuali game-game berat yang membutuhkan spesifikasi tingi.

Baterai besar merupakan salah satu daya tarik utama yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 4 Max. Smartphone ini memiliki baterai sebesar 4.100 mAh atau sedikit lebih kecil dibandingkan baterai Zenfone 4 Max Pro yang sebesar 5.000 mAh. Kapasitas baterainya membuat smartphone ini bisa bertahan seharian untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, fitur Reverse Charging juga hadir pada smartphone ini. Fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk menggunakan baterai pada smartphone ini untuk mengisi daya baterai perangkat lain dengan menggunakan kabel USB on-the-go (OTG) yang disediakan.

Kamera

Sama seperti varian saudaranya yang berlayar lebih besar, Zenfone 4 Max juga memiliki konfigurasi kamera ganda. Ya, kamera ganda juga menjadi salah satu fitur utama yang ditawarkan pada Zenfone 4 Max ini. Kamera belakangnya menggunakan konfigurasi yang sama dengan Zenfone 4 Max Pro, yaitu kamera pertama dengan sensor 16 mega pixel dengan lensa 26 mm, dan kamera kedua dengan sensor 5 mega pixel dan lensa lebar 12 mm dengan sudut pandang 120 derajat.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16 mega pixel. Untuk melakukan selfie, tersedia lampu LED flash yang ada di bagian depan.

Memiliki konfigurasi yang sama dengan Zenfone 4 Max Pro, maka kamera Zenfone 4 Max ini juga mempunyai kualitas foto yang sangat mirip dengan saudaranya. Menggunakan kamera belakang utama, hasil fotonya terbilang bagus di kondisi terang dan cukup baik di kondisi minim cahaya. Sedangkan kamera belakang keduanya terasa kurang baik di kondisi minim cahaya. Absennya fungsi image stabilziation pada kameranya membuat kamu perlu memegang smartphone ini dengan stabil saat harus memotret di kondisi minim cahaya.

Soal fitur, kamera pada Zenfone 4 Max ini cukup lengkap. Tersedia berbagai modus pengambilan gambar termasuk modus Pro untuk mengambil foto dengan pengaturan manual. Kemudian tersedia juga berbagai filter efek menarik yang bisa diaplikasikan instan saat memotret.

Fitur dan Aplikasi

Saat PCplus melakukan pengujian, Asus Zenfone 4 Max menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dilapis dengan antarmuka ZenUI 4.0. Tersedia beberapa aplikasi seperti Mobile Manager dan Power Master untuk membantu kamu dalam mengelola penggunaan smartphone ini.

Kemudian, tersedia juga aplikasi SelfieMaster. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melakukan siaran langsung ke beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram dengan menggunakan efek beautification yang tersedia.

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 Max merupakan varian keluarga Zenfone 4 yang paling terjangkau yang ada di pasaran saat ini. Dengan harga R2.299.000, Anda akan mendapatkan sebuah smartphone dengan kamera ganda dan baterai yang besar untuk menunjang kegiatan kamu sehari-hari.

Kinerjanya memang kurang gegas untuk bermain game, namun untuk kebutuhan lain, Asus Zenfone 4 Max ini masih mampu memberikan kinerja yang cukup mumpuni.

Plus: Kapasitas baterai besar, kamera ganda, ada pemindai sidik jari, harga terjangkau, bodi kompak

Minus: Kinerja kurang cepat, kualitas kamera agak kurang, bodi terasa agak licin

Tanggapan Kamu

komentar