Kehilangan CD Driver Perangkat, Pake Driver Online Saja

Terkadang, perangkat komputer yang kita gunakan dibekali CD Driver bawaan oleh para produsennya. Driver tersebut digunakan agar sistem operasi komputer kita mendeteksi dengan tepat perangkat yang sudah kita beli. Namun seringkali, setelah sekian lama, CD driver tersebut terlupakan. Dan saat kita melakukan instalasi ulang sistem operasi pada komputer, kita kesulitan mencari driver tersebut.

Driver seperti soundcard, SD card, maupun aksesoris lain tentunya membutuhkan driver yang tepat guna memaksimalkan kinerja hardware yang dimiliki. Sayangnya jangankan harus memahami jenis chipset setiap perangkat yang digunakan, tidak semua orang mengerti jenis perangkat yang terpasang pada komputer mereka.

All In One Driver Pack

DriverPack merupakan sebuah kumpulan software yang berisi kumpulan driver perangkat untuk sistem operasi Windows, driverpack biasanya digunakan oleh teknisi komputer untuk membantu mereka menentukan driver bawaan setiap perangkat komputer/laptop yang harus diinstall ulang tanpa harus kesulitan mencari CD driver asalnya atau harus mendownload setiap driver satu persatu dari website setiap vendor.

Dengan adanya Driverpack, seorang teknisi komputer cukup menggunakan satu tools untuk memasang semua jenis driver yang dibutuhkan sistem operasi baru.

Namun dengan semakin banyaknya dukungan driver perangkat yang dimiliki oleh Driverpack, keseluruhan file driver tersebut akan menghabiskan space hardisk, sebagai gambaran ukuran full Driverpack saat ini sudah mencapai 23GB, yang artinya hanya bisa disimpan dalam media SSD/ HDD berukuran besar bukan dalam bentuk keping CD atau DVD

Driver Online Untuk Solusi Penyimpanan

Oleh karenanya, untuk memudahkan para teknisi bekerja, disediakanlah Driverpack Online. Dengan sistem ini, para teknisi cukup memiliki file instalasi Driverpack Online dan melakukan instalasi di komputer yang hendak diupdate. Driverpack Online akan segera mengaudit perangkat apa saja yang terhubung pada komputer, lalu menampilkan database yang ada di pusat data Driverpack untuk kita pilih mana yang akan kita download dan install di komputer kita.

Baca selengkapnya di Cara Mudah Update Driver Windows Online

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

2 thoughts on “Kehilangan CD Driver Perangkat, Pake Driver Online Saja

  • 03/12/2020 at 21:33
    Permalink

    lah iya, driver buat perangkat keras penghubung internetnya pie jal ? (Driver LAN, driver wifi)

  • 31/12/2020 at 09:32
    Permalink

    Ssebelum install ulang bisa download driver pack offline network khusus untuk driver LAN dan wifi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.