Tuesday, May 21, 2024
Berita Teknologi

12 Juta Pengguna Pakai Linux Ubuntu

ubuntuJAKARTA, JUMAT –  Tahu nggak berapa pengguna Linux Ubuntu di dunia? Menurut vendor Linux Canonical,  jumlah installed base-nya sudah di atas 12 juta pengguna.

Menurut Linux Planet, lembaga open source ini optimis bahwa rilis Ubuntu 10.04 yang diberi nama kode Lucid Lynx akan menggenjot massa penggunanya lebih tinggi lagi pada akhir April mendatang. Pada tahun 2008, Canonical memperkirakan basis penggunanya ada di kisaran 8 juta.

“Menggunakan metodologi yang sama dengan angka yang kami berikan di tahun 2008, kami yakin ada sekitar 12 juta pengguna saat ini,” kata Chris Kenyon (Vice President for OEM di Canonical).

Lucid Lynx Desktop akan  menjadi rilis Long-Term Supported (LTS) pertama dari Ubuntu dalam kurun waktu dua tahun. Rilis ini akan menawarkan dukungan tiga tahun untuk Ubuntu Desktop dan lima tahun untuk Ubuntu Server.

Lucid Lynx akan memamerkan antarmuka “aubergine” dan menyertakan semua konektivitas social notworking dalam antarmuka yang mudah dipakai untuk Facebook, Digg, Twitter, Identica, Google Talk, MSN dan IRC.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu