Selesai Akhir 2010, Jaringan 3G Bersama Terbesar di Eropa

JAKARTA, SENIN – Dua operator telekomunikasi di Eropa, T-Mobile UK dan 3 UK, sedang bekerjasama menuntaskan pembangunan infrastruktur jaringan bersama terbesar di Eropa. Diharapkan selesai akhir tahun ini, jaringan dengan usaha patungan Mobile Broadband Network (MBNL) tersebut akan menawarkan cakupan layanan 3G terluas bagi para pelanggan telepon pintar dan dongle di Inggris, serta tingkat cakupan dan kinerja koneksi yang sangat baik.

MBNL telah mengkonsolidasi lebih dari 7000 situs menara dari total 12.500 lebih situs menara milik T-Mobile Inggris dan 3 UK yang akan disatukan pada bulan Oktober tahun ini. Saat tuntas, ada lebih dari 3000 situs menara yang tidak terpakai akan dimatikan.  Jaringan bersama yang dihasilkan memang memerlukan menara yang lebih sedikit, mengkonsumsi energi yang lebih rendah dan memberikan layanan broadband bergerak yang luar biasa bagi para pelanggan.

Jaringan 3G HSDPA tersebut telah menawarkan cakupan bagi lebih dari 90% populasi Inggris. Pada akhir tahun ini, cakupan jaringan akan diperluas sehingga mencapai lebih dari 98% populasi.

Untuk memastikan kedua operator dapat menikmati manfaat dari perluasan jaringan MBNL, namun tetap dapat berfungsi secara independen, Nokia Siemens Networks telah mengimplementasikan platform Multi-operator Radio Access Network (Moran) yang menawarkan fleksibilitas sambil penggabungan kedua dua jaringan, sehingga memungkinkan penggunaan kembali infrastruktur yang telah ada dan mengurangi jumlah situs menara.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.