Tuesday, May 21, 2024
Berita Teknologi

India Siapkan Laptop Layar Sentuh Seharga US$ 35

sakshat_1JAKARTA, SENIN – Pemerintah India ternyata sangat peduli akan masa depan generasi mudanya, khususnya dalam hal melek TI. Baru-baru ini mereka menyiapkan laptop berlayar sentuh untuk mahasiswa. Harganya sangat terjangkau, US$ 35.

Perangkat murah ini tentu saja dijalankan oleh Linux. Menteri pengembangan sumberdaya manusia India, Kapil Sibal, mengungkapkan, “Motherboard, chip, pemrosesan, konektivitas, total semuanya berbiaya sekitar US$ 35, termasuk memori, displai, dan segala-galanya.”

Harga US$ 35 sudah tergolong cukup murah, bahkan untuk sebuah negara yang terkenal rajin memangkas biaya. Namun menurut Sibal, mereka ingin menurunkan harga tersebut sampai US$ 10. Sang menteri menyebutkan bahwa sistem itu punya banyak kelengkapan seperti yang ada di mesin-mesin yang berharga lebih mahal, tetapi hardware-nya telah dirancang untuk menerima komponen-komponen baru jika kelak pengguna ingin melakukan perubahan.

Sibal juga mengatakan bahwa pemerintah India sedang mencari para manufaktur hardware yang  bisa membuat desain mereka menjadi kenyataan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

5 thoughts on “India Siapkan Laptop Layar Sentuh Seharga US$ 35

  • Wah mantap tu…
    Cocok banget u/ mahasiswa ky q…
    Kpan beredar di indonesia…
    And berapa klo udah beredar di indonesia harganya..??

  • Ya, hrsnya bangsa kita dpt meniru ide India ini supaya bangsa kita dpt melek IT juga .

  • pangesti dewi

    kpn diluncurkan di Indonesia ya…

  • mudah2an pemerintahan kita yg terkait bisa mengikuti jejak mereka..

  • Indonesia semoga jg menyayangi generasi mudanya. nie ada contohnya,negara tetangga.

Komentar kamu