Apple Uji Layar Sentuh “Berasa”

Tak lama lagi, teknologi layar sentuh sangat mungkin
memasuki babak baru: kamu bisa merasakan tekstur di layar
sentuh. Hal ini seperti dilansir dari
patentlyapple.com yang mengabarkan bahwa telah muncul
prototipe iPod Touch generasi selanjutnya, yang bisa
memberikan sensasi tekstur pada layar ketika disentuh.
Senseg adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas
pengembangan teknologi ini. Di tangan perusahaan ini, sensasi tekstur itu tidak diciptakan dengan motor mekanis, seperti digunakan pada teknologi sebelumnya. Senseg mendaratkan teknologinya pada kemampuan sentuh virtual, yang tak menggunakan bagian mekanis sedikitpun. Dengan perangkatlunak Senseg E-Sense dan bantuan lapisan film khusus, Senseg memberikan sensasi tekstur lewat variasi perubahan intensitas dan frekuensi medan listrik pada layar. Sensasi ini dapat dilakukan di area kecil saja, tak perlu menggetarkan seluruh layar.
Berusaha menjajal teknologi ini, Toshiba Information
Systems lalu menciptakan berbagai sensasi rasa. Sensai ini kemudian didemokan pada prototip iPod Touch dan perangkat touchpad lainnya, seperti diberitakan salah satu situs milik Nikkei Business Publications.
Dari hasil demo itu, Nikkei Business Publication
menyebutkan bahwa pengguna memang benar-benar bisa merasakan sensasi nyata sebuah tombol,ketika menggeser jari melewati tombol di layar iPod Touch. Toshiba juga mencoba sensasi lainnya seperti efek tekstur sikat, kasar, dan bergelombang.
Pihak Senseg sendiri menyatakan bahwa mereka berharap bisa
melihat teknologi mereka diimplementasikan pada paruh
petama 2011. Notebook, PC,tablet, dan jenis perangkat layar
sentuh lainnya yang akan menjadi sasaran. Pada parugh
kedua, mereka berharap sudah dapat mengimplementasikannya
pada ponsel.
Uji Coba Layar yang Memberikan Sensasi Tekstur ketika Disentuh
Uji Coba Layar yang Memberikan Sensasi Tekstur ketika Disentuh. Foto: patentlyapple.com

JAKARTA, RABU – Tak lama lagi, teknologi layar sentuh sangat mungkin memasuki babak baru: kamu bisa merasakan tekstur di layar sentuh. Hal ini seperti dilansir dari patentlyapple.com yang mengabarkan bahwa telah muncul prototipe iPod Touch generasi selanjutnya, yang bisa memberikan sensasi tekstur pada layar ketika disentuh.

Senseg adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas pengembangan teknologi ini. Di tangan perusahaan ini, sensasi tekstur itu tidak diciptakan dengan motor mekanis, seperti digunakan pada teknologi sebelumnya. Senseg mendaratkan teknologinya pada kemampuan sentuh virtual, yang tak menggunakan bagian mekanis sedikitpun. Dengan perangkat lunak Senseg E-Sense dan bantuan lapisan film khusus, Senseg memberikan sensasi tekstur lewat variasi perubahan intensitas dan frekuensi medan listrik pada layar. Sensasi ini dapat dilakukan di area kecil saja, tak perlu menggetarkan seluruh layar.

Berusaha menjajal teknologi ini, Toshiba Information Systems lalu menciptakan berbagai sensasi rasa. Sensai ini kemudian didemokan pada prototip iPod Touch dan perangkat touchpad lainnya, seperti diberitakan salah satu situs milik Nikkei Business Publications.
Dari hasil demo itu, Nikkei Business Publication menyebutkan bahwa pengguna memang benar-benar bisa merasakan sensasi nyata sebuah tombol, ketika menggeser jari melewati tombol di layar iPod Touch. Toshiba juga mencoba sensasi lainnya seperti efek tekstur sikat, kasar, dan bergelombang.
Pihak Senseg sendiri menyatakan bahwa mereka berharap bisa melihat teknologi mereka diimplementasikan pada paruh petama 2011. Notebook, PC,tablet, dan jenis perangkat layar sentuh lainnya yang akan menjadi sasaran. Pada parugh kedua, mereka berharap sudah dapat mengimplementasikannya pada ponsel.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.