Perketat Keamanan, Facebook Tawarkan Password Sekali-Pakai

facebookphising2JAKARTA, KAMIS – Pengguna Facebook yang membuka akunnya dari komputer publik, misalnya di lab komputer sekolah atau warnet, mungkin selama ini was-was. Takut password-nya dicuri.

Solusinya telah disajikan oleh Facebook. Begini cara kerjanya. Kirim SMS “otp” ke nomor 32665. Kamu kemudian akan menerima pesan teks untuk usernama yang diasosiasikan dengan ponsel tersebut, yang berisi password yang dibuat secara acak.

Password tersebut menjadi password kamu selama 20 menit ke depan. Setelah 20 menit  berlalu, password akan kembali ke password awal. Ini dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak privasi dan sekuriti bagi situs jejaring sosial tersebut.

“Kami meluncurkan password sekali-pakai yang membuatnya lebih aman dipakai di komputer-komputer publik di lokasi seperti hotel, kafe, atau bandara. Jika kamu kuatir dengan keamanan komputer yang sedang kamu pakai saat mengakses Facebook, kami bisa mengirimkan password sekali-pakai yang bisa kamu pakai, sehingga kamu tidak menggunakan password yang biasany,” tulis manajer produk Facebook Jake Brill di blog Facebook.

Sayangnya tidak semua orang bisa memanfaatkan fasilitas baru ini. Sementara ini password sekali-pakai ini dibatasi pada pengguna-pengguna tertentu.  Dan hanya berlaku bagi pengguna di AS.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.