Google Masih Tangguhkan Chrome OS

Google masih ragu untuk meluncurkan sistem operasi Chrome mereka. Berbagai pertimbangan melatari penangguhan ini. Tren tablet PC yang sedikit banyak berpengaruh pada menurunnya penjualan netbook jadi salah satu pertimbangannya.

Awalnya Chrome OS ditujukan bagi komputer jinjing ringan seperti netbook. Komputer yang menjalankan Chrome OS ini dirancang dengan layar 12,1 inci dan keyboard ukuran standar, dan tanpa hard drive. Media penyimpanan netbook Chrome ini mengandalkan koneksi internet, begitupula jika kamu ingin menjalankan program. Sehingga, koneksi internet jadi mutak bagi perangkat yang digadng-gadang bakal punya kecepatan browsing yang super. Dengan komposisi mesin seperti di atas, mesin Chrome dirancang agar bisa berinternet super cepat, nyaris secepat ketika kamu memencet remote tv untuk berganti-ganti channel tv.

Tapi rencana ini jadi perlu dipikir ulang ketika iPad dan PC tablet lainnya jadi idola. Banyak orang menggunakan perangkat ini untuk enjelajah internet dan menjalankan berabagi aplikasi yang telah disesuaikan dengan perangkat tersebut. Android generasi selanjutnya juga dirancang sesuai perkembangan pasar dengan lebih banyak dukungan untuk perangkat yang dirancang untuk tablet.

Laptop bersistem oeprasi Chrome yang sempat diberitakan akan diluncurkan pun terpaksa mundur hingga pertengahan tahun depan gara-gara hal ini. Para pembuat sistm operasi yang akan melengkapi kehadiran Chrome browser in memutuskan mereka perlu menambah waktu untuk memperbaiki bugs dan penyetelan lainnya. Proyek ini adalah ambisi Google untuk menyaingi sistem operasi yang telah mapan milik Microsoft dan Apple.

Sembari memoles ulang Chrome OS, Google terus mengumpulkan sumbang saran dari pengguna lewat program pilot. Program percobaan iniĀ  melibatkan segelintir pengguna, baik pengguna consumer maupun bisnis. Mereka menguji perangkat tanpa merek yang ditanam oleh sistem operasi itu. Google membuka tes pilot ini bagi pengguna lewat situs mereka atau lewat video Google di YouTube.

Acer dan Samsung akan membuat laptop Chrome OS pertama yang akan tersedia di pasar tahun depan, seperti diberitakan AP.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.