Lenovo Ideapad U260, Elegan dan Kompak

Cung Cien saat menunjukkan tipisnya dimensi Lenovo Ideapad U260 di kantor Lenovo hari ini (20/12)

Buat yang suka dengan notebook tipis dan gaya, kamu mungkin bakal jatuh cinta dengan Lenovo Ideapad U260. Notebook stylish Lenovo ini berbeda dengan notebook lainnya, karena cover notebook yang berbahan aluminium alloy ini dilapisi lagi dengan kulit. Palm rest di bagian dalam notebook ini pun dilapis kulit sehingga terasa lebih nyaman ketika menyandarkan tangan anda di atasnya .

Notebook ini memang tipis, tebalnya hanya sekitar setengah inci. Tampak seperti sebuah mejalah ketika kamu menjinjingnya. Meski demikian, kekokohan notebook ini masih jelas tersirat. Bagian dalam dilengkapi dengan keyboard berdisain chiclet. Bedanya, tuts dirancang sedikit membulat dan melandai di bagian akhirnya demi kenyamanan mengetik.

Bertempat di kantor Lenovo hari ini, Product and Business Development Manager Lenovo Indonesia, Cung Cien, menyebutkan bahwa desain ini dilakukan untuk mengurangi keluhan jemari yang sakit ketika mengetik. Selain itu, keyboard ini sudah dilengkapi dengan spill resistant.

Demi urusan estetik pula, tak ada baterai yang menonjol pada laptop ini. Baterai sengaja disembunyikan dibalik sampul notebook, sehingga butuh membuka sekrup jika ingin menggantinya. Baterai yang disematkan 4 cell saja. Tak ada pilihan cell yang lebih besar. Sehingga mesti puas kalau laptop ini hanya mampu bertahan sekitar empat jam saja.

Ukuran laptop ini pun terbilang kompak, tak terlalu besar namun layarnya cukup lega dipandang. Dengan layar 12,5 inci, Lenovo ingin menghadirkan laptop tiis, ringan, dan mungil, setara netbook , namun dengan performa setara notebook. Dalam dua tahun terakhir sudah jarang (vendor) yang mengeluarkan notebook 12,5 inci, terang Cung. “Padahal customer sebelum dua tahun yang lalu banyak yang suka,” jelasnya. Tampilan layar berteknologi backlit LED ini cukup baik.

Trackpad pada notebook ini juga spesial, karena dilapis kaca. Fungsinya untuk mempertahankan landasan itu dari aus ketika sudah sering digunakan. Trackpad ini sudah mendukung mutitouch. Tapi, rasanya tombol klik kiri dan kanan laptop ini terasa agak ringkih. Sementara dua speaker yang ditanam di laptop ini menghadirkan suara yang lumayan jernih dan nyaman di telinga.

Dari sisi onderdil, Ideapad U260 ini berotak Intel i3, memori 2 GB SDRAM, dan perangkat penyimpan sebesar  320 GB SATA HDD. Laptop ini juga dibekali kecerdasan untuk mengenali getaran yang akan mem-pause proses penyimpanan data ketika laptop bergetar. Hal ini dilakukan dengan teknologi APS (active protector system) untuk menjaga agar file yang tengah direkam tak corrupt. Laptop ini juga cerdas mengenali lingkungan sekitar. Gelap-terang lingkungan akan disesuaikan dengan gelap-terang cahaya di layar laptop. Dengan teknologi ambient light censor, kamu ngga perlu repot menyetel ukuran gelap terang layar.

Laptop seberat 1,35 kg ini dijelaskan Cung ditujukan untuk pasar premium dengan menargetkan senior eksekutif. Ideapad seri U yang memang serinya laptop-laptop high-fashion ini  ini dibanderaol seharga US$ 899.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

3 thoughts on “Lenovo Ideapad U260, Elegan dan Kompak

  • 20/12/2010 at 19:58
    Permalink

    Apa sudah ada dipasaran indonesia ? Kalau ada dimana dapat dibeli kalau di surabaya dan berapa harganya

  • 02/01/2011 at 17:29
    Permalink

    Kapan ada dipasarran ?

  • 13/01/2011 at 08:14
    Permalink

    Apakah ada yang modem 3G-nya sudah terintegrasi, sehingga ketipisan dan kemungilan notebook ini tidak “terganggu” oleh modem yang nempel. Kalau sudah ada saya berminat membeli, karena sekarang sedang mencari-cari notebook seperti itu. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.