Money Muling Jadi Fokus Penjahat Cyber Tahun Ini

JAKARTA, JUMAT – Cuci uang alias money muling ditengarai akan menjadi fokus para penjahat cyber tahun ini. Begitu tercantum dalam laporan sekuriti tahunan 2010 Cisco.

Apa itu money muling? Money muling adalah penipuan dengan mengajak korban mentransfer uang atau barang curian dari satu negara ke negara lain secara perorangan, kurir atau elektronik.  Korban diajak membuka akun rekening bank atau memakai rekeningnya sendiri untuk mencuci uang. Kegiatan ini berskala internasional.

Para penghasil uang ini termasuk malware mobile, dengan Zeus yang sudah diadaptasi untuk platform mobile dalam bentuk SymbOS/Zitmo.Altr (“Zitmo” untuk “Zus in the Mobile”).

Trend lain yang dilaporkan Cisco adalah beralihnya serangan penjahat cyber dari PC Windows ke OS dan platform lain. Smartphone, tablet PC dan perangkat mobile jadi sasaran baru.

“Sebelumnya pengguna merasa aman dengan menggunakan operation system non-Windows. Tapi kini tidak lagi. Meningkatnya jumlah pengguna non-Windows dan perangkat mobile membuatnya menjadi lebih menarik bagi para pelaku kejahatan cyber. Cara terbaik untuk menghadapi tren baru ini adalah antisipasi dan selalu waspada,” kata Arthur Siahaan (System Engineer Director, Cisco Indonesia) dalam rilis persnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Money Muling Jadi Fokus Penjahat Cyber Tahun Ini

  • 28/01/2011 at 17:13
    Permalink

    Bnyak kok pak?lihat aja d iklan suatunya bntuk usaha ujungnya ego money criminal scara [email protected] cara jalaninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.