Disconnect, Putuskan Situs yang Curi Data Pribadi

Kamu mungkin pernah dengar soal kejahatan online yang bisa melacak dan mencuri informasi pribadi lewat jejaring sosial. Sekarang ada fasilitas yang bisa langsung memantau dan memblokir pelacakan dan pengambilan informasi pribadi tersebut.

Namanya Disconnect, program yang bisa memblokir penguntit dari Facebook, Twitter, Yahoo!,Google, dan Digg. Disconnect adalah ekstensi peramban untuk memblokir website yang melacak dan mengirim informasi pribadi pengguna kepada situs lain. Ekstensi ini otomatis menghentikan gambar, ikon, dan piksel yang sedang dimuat pada situs yang mengirimkan informasi ke situs lain. Kamu bisa memantau berapa situs yang telah diblokir oleh Disconnect di tombol ekstensi ini.

Ikon, gambar, bahkan pixel yang dikirim ke situs lain akan digantikan dengan blok biru. Kalau kamu masih ingin mengaksesnya, klik saja blok biru itu agar pemuatan (loading) dilanjutkan. Kamu juga bisa mematikan sama sekali fungsi blokir ini lewat tombol ekstensi Disconnect yang ada di kanan atas peramban.

Saat ini Disconnect baru tersedia untuk Google Chrome dan Safari. Ekstensi untuk peramban lainnya masih dalam tahap pengembangan.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

One thought on “Disconnect, Putuskan Situs yang Curi Data Pribadi

  • 03/03/2011 at 00:02
    Permalink

    ini program donlod ato ekstensi???

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.