Sunday, April 14, 2024
Tutorial Software

Bikin Partisi dari Windows 7

Komputer atau laptop yang baru dibeli biasanya cuma punya 1 partisi, yaitu drive C. Bagaimana kalau kamu mau menambah partisi? Partisi baru itu digunakan untuk menyimpan data. Tujuannya, ketika sistem operasi mengalami masalah, data kamu tetap tersimpan meski kamu melakukan instal ulang.

Untuk menambahkan partisi pada Windows 7, kamu tidak perlu susah-susah untuk instal aplikasi, seperti Partition Magic, Paragon, atau Acronis. Kamu bisa menggunakan Disk Management yang terdapat pada Computer management.

Begini cara pakainya.

1.      Buka Windows Explorer.

2.      Kemudian klik kanan pada “Computer”, klik “Manager”.

3.      Muncul jendela Computer Management pilih “Storage” lalu klik “Disk Management”.

4.      Untuk menambah partisi, kamu harus memperkecil ukuran partisi Drive C dulu, baru kemudian bikin partisi baru. Klik kanan pada Drive C: kemudian klik “Shrink Volume”.

5.      Selanjutnya Disk Management akan melakukan kueri terhadap drive C. Tahap ini biasanya akan memakan waktu yang durasinya tergantung kapasitas drive C.

6.      Kemudian muncul jendela Shrink C. Kamu bisa memasukan besarnya partisi yang akan dibuat. Pada artikel ini, besar partisi yang dimasukkan adalah 10000. Masukkan pada bagian “Enter the amount of space to shrink in MB”. Usahakan ukuran partisi yang bakal dibuat tidak melebihi kapasitas yang tertera pada “Size of available shrink space in MB”.

7.      Setelah itu, hard disk akan terbelah jadi 2. Muncul pula keterangan “Unallocated”.

8.      Langkah selanjutnya adalah memformat partisi baru itu. Klik kanan pada partisi (unallocated) kemudian pilih “New Simple Volume”.

9.      Muncuk jendela Welcome… klik “Next”.

10.  Muncul jendela Specify Volume Size. Di sini kamu bisa menentukan jumlah besarnya hard disk akan akan diformat. Langsung saja klik “Next”.

11.  Muncul jendela Assign Driver Letter or Path. Di jendela ini kamu menentukan huruf drive untuk partisi. Biarkan saja apa adanya. Klik “Next”.

12.  Selanjutnya muncul jendela Format Partition. Tentukan sistem file untuk partisi—NTFS atau FAT. Pilih NTFS saja—hari gini masih pakai FAT? Jangan lupa, kasih label juga. Klik “Next”.

13.  Muncul halaman yang menampilkan pengaturan yang sudah kita buat. Periksa dulu sebelum klik “Finish”. Kalau ada yang salah, klik “Back”.

14.  Setelah proses pembuatan dan format partisi selesai, periksa Disk Management. Kamu juga bisa memeriksa di Windows Explorer. Pastikan ada drive baru.

 

Andik Susilo
MVP Windows Experience

(disadur dari tabloid PCplus edisi 361)

65 thoughts on “Bikin Partisi dari Windows 7

  • oh ternyata caranya sama kayak di windows vista

  • kalau di hardisk eksternal bisa gk..?

  • Tararengkyu…

  • Kl win7 pake dual boot bisa ga?krn sy pk win7 32bit mo tmbh os yg 64bit. Tolong bntu infonya.

  • ok…………..ternyata sangat mudah ya…………
    tapi kalo g di share juga ga ngerti……….
    thank you………….

  • Makasih yang telah berbaik hati membagi-bagikan ilmunya

  • kalo rezise gmna kl lewat gituan kakak??

  • intinya dibikin simple ama mikrocop

  • kalo mau extend drive yang ada windowsnya gmn y?

  • Begini tadinya drive C saya ada 400gb tetapi d shrink jd 200gb tp ternayata jd unallocated dan setelah format selesai muncul peringatan “you cannot create a new volume in this unallocated space because the disk already contains the maximum number of partition” bagaimana ya caranya mohon pencerahan.. thanks b4..

  • yang bikin bingung itu kenapa win 7 ga bisa lebih dari 4 partisi?? pdhl perlu tuh.. biasanya kan klo laptop itu ada partisi-partisi yang tidak di kenal (bawaan pabriknya biasanya recovery os nya).. bisa sharing donk kk yang bisa partisi lebih dari 4.. 😉

  • wah ciamik tenan choy !!

    sip sip sip !!!

  • Terima kasih..

    sip sip sip!!!
    Itung-itung buat nambah modal kalo ada teman yg ingin partisi laptopnya..

  • Terima kasih..

    Ini yang saya butuhkan

  • Mau jawab beberapa pertanyaan di atas, boleh kan?
    🙂

    1. Untuk “agung”.
    Kalau mau dual OS, jawabannya bisa. Caranya sama saja dengan install Windows 7 32 bit. Yang pasti, buat dulu partisi primary (harus primary, karena saat ini windows hanya bisa diinstall di partisi primary). Jadi, buat dulu partisi primary dan pada saat instalasi ditanya mau diinstall di mana system windows-nya, pilih saja partisi yang baru dibuat tadi. Setelah selesai install, nanti akan ada pilihan mau masuk ke OS yang mana, Windows 7 32 bit atau 64 bit.

    2. Untuk “Sebas”.
    Mau buat partisi extended ya, Mas? Saran saya sih pakai aplikasi partisi yang lebih baik, kayak Partition Paragon, Partition Magic, dll. Tapi, itu berbayar. Saya usulkan pakai Gparted aja, software open source. Makainya juga mudah. Download di sini, Mas –> http://gparted.sourceforge.net/download.php. Software ini bisa live usb atau cd.

    3. Untuk “Shandy” dan “Riskal”.
    Bukan windows yang salah kalau partisi primary hanya dibatasi sampai 4 doank. Mau pakai OS apa aja, ya tetap, partisi primary cuma dibatasi sampai 4. Ini bukan salahnya OS, tapi emang harddisk-nya yang gak bisa lebih dari 4 partisi primary (utama). Kalau mau buat lebih dari 4 partisi itu gampang caranya. Bikin setidaknya 1 partisi extended. Partisi extended ini adalah partisi primary yang bisa dibagi lagi menjadi partisi logical. Artinya, partisi logical ada di dalam partisi extended. Beda primary dengan logical adalah primary digunakan untuk tempat system (OS) dan logical hanya bisa digunakan untuk menyimpan data biasa saja. Ups, kecuali linux (baru coba di ubuntu) bisa di-install di logical (he..he..).
    Jadi, untuk buat partisi lebih dari 4, setidaknya harus dibuat 1 partisi extended yang terserah mau dibagi menjadi berapa logical.

    Untuk kasus Shandy yang 200Gb unlocated itu bisa diselesaikan dengan men-delete salah satu partisi dulu (backup dulu datanya kalau mau, soalnya bakalan hilang), trus buat 1 partisi extended. Saran: delete partisi yang tepat berada di samping partisi 200Gb unlocated agar nantinya setelah di-delete, partisi unlocatednya jadi satu (yang 200Gb tadi bertambah). setelah itu baru partisi yang unlocated ini dibuat menjadi extended.

    Sorry banyak komentarnya…
    He..he..
    🙂

  • gimana kalu partiai yang dibuat gak muncul

  • chris lerah

    thankz banget yah buat info nya,,
    ini sangat bermanfaat buat ku…
    😀

  • Dh.

    Bermanfaat sekali…..dan kebetulan sy juga lagi bingung eh malah ada….Asyiiik. Masalahnya sy ada 2 laptop….yang pertama data sempat hilang di bawa ke serv centernya lupa di backup karena jauh akhirnya di format ulang..takut hal ini terjadi lagi sy cari..eh ketemu….
    Bermanfaat sekali Thanks…

    Salam Sukses

  • Untuk Mr.Agus_d13 :
    Untuk mengubah partisi logical menjadi partisi extended/primary ada software-nya tidak??
    Thx b4, ^_^

  • ludi rustandi

    wah thanks berat ne, ibarat kata pucuk dicinta ulam tiba. saya emang lagi nyari cara beginian. sukses slalu buat PC PLUS…

  • bayu.altriara

    mau nanya bos,kmaren kn dah NYOBA bikin partisi baru di window 7,tp stlah tu banyak file bernamakan desktop yang bisa di buka pake notepad hampir di tiap folder ama sub folder,tu knapa ya????? mohon bantuannya
    Satu lagi,tiap nyalain komputer yg di shtdown tau logoff ko aplikasi windows msngr langsung kebuka ya??trus cara ngilangin nya gimana ya??MAKASIH

  • saya pakai windows7 home basic. pas saya coba semua cara diatas, pas proses terakhir muncul eror dan tidak bisa diformat. gimana solusinya?

    makasih

  • Mengapa windows 7 mematikan pengaturan size of available shrink space in MB? Dengan kata lain mengapa kita tidak diijinkan windows 7 membuat partisi baru melebihi ukuran yang tercantum di size of available shrink space in MB. Padahal saya ingin membuat ukuran partisi baru lebih besar dari kapasitas “size of available shrink space in MB.

  • untuk partisi di wdw 7 di batasi 3 partisi,untuk ngakalinnya pake Wdw Xp bikin 4 partisi.untk migrasi Os xp ke wd 7 ga perlu ngepormat drive yng mau d instal.

  • saya mau taxa : bagaimana saya bisa langganan taboid PCplus ini… saya sekarang berada di NTT.tologn jelaskan dengan biayanya…

  • untuk mas dominggo, coba hubungi layanan pelanggan PCplus di (021) 530 6263 atau SMS ke 0811 908 680

  • saya sudah coba kok tidak bisa ya responnya : “Dynamic disk are not supportedon clusters”.. kenapa ya ?
    trus bagaimana cara mengembalikannya?, apakah space yg baru saya buat sementara tidak bisa dipakai karena menggantung ?
    mohon pencerahaannya
    thx b4

  • mas saya mau tanya.. saya udah lakuin langkah” diatas.. saya mempartisi dirve C. tapi setelah saya restrart ga bisa masuk windows (OS).. itu kenapa ya? kasi solusi plis… saya baru 1 minggu beli laptop nya..

  • ijin ngeshare ke blog ya master…

  • Bro gmna caranya menghapus partisi yang udah jadi tanpa aplikasi lain di wnds 7, krna gw punya drive C nya lebih kecil di banding drive D jdi D yang mau di hapus?

  • toshiba

    ikutan sharing nih… sy ndak bisa mempartisi hardisk dilaptop bagaimana ini mohon petunjuk terima kasih

  • Ade Gorgom

    wah mantap nih

  • bayu suryatma

    aduh mas bro, ane juga ngikut ni langkah ,
    ane mau nginstaL uBuntu!

    ane punya Spek Partisi dari sono-nya (Eee PC “NetBook” Win 7 Ori.):
    *C 100GB : Win 7
    *D 117GB : Data Doank
    *15GB : System Refres buat Load OS lagi ke awaL
    *20MB : EFI System Partition!

    Nah, yng C: mau saya Belah, eh, dilangkah akhir setelah Poin 13, Eh, ada tulisan yng mnyatakan bahwa :

    “The Operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). If you convert the disk(s) to dynamic, you will not be able to start installed operating systems from any volume on the disk(s) (except the current boot volume). are you sure you want to continue?”

    na, klo dilanjutin y error 😀

  • mau tanya gan…kemarin baru meresize ulang toshiba c640. hd 320. tapi kok C-nya cuma bisa 145GB, padahal rencananya C-nya kalo bisa lebih kecil lagi, 75GB aja misalnya. jadi sisanya bisa buat data lebih banyak. bisa tidak kalo size C-nya dikecilkan lagi. kayaknya kok sudah ditentukan besarnya spt tadi(145GB). mohon pencerahannya. thx.

  • Saya sudah mencoba mempartisi laptop toshiba satellite c-640 sesuai panduan disini, tetapi setelah terbentuk ruang “unallocated” pada hardisk, kemudian dilanjutkan langkah berikutnya sampai finish hasilnya tidak ada (tidak berhasil)
    Selain itu saya juga sudah mencoba dengan Hiren cd boot dan Easeus, tapi juga tidak berhasil. Untungnya dengan hiren dapat mengembalikan ruang “unalllocated” ke partisi awal di “C”
    Mohon pencerahannya untuk dapat mempartisi laptop tersebut. Terima kasih atas bantuannya.

  • gan gimana cara merubah partisi hardisk dari dynamik menjadi basic lagi ya.,,, bingung ni jadi gak bisa multiple os

    mohon bantunya ya
    trims

  • Thanks mas… ternyata di Shrink dlu toh… pantes cuma 11 Gibs aja partisi nya :hammer:

  • wow aku baru tau, kalo windows 7 bisa buat partisi secara manual

    terima kasih untuk informasinya, sangat membantu

  • kalau bisa ada tutorial tentang membuat animasin dengan macromedia

  • trims,

  • mas mau tanya mempartisi tipe fat 32 gak bisa di par tisi soalnya ga aktif button srink volume nya gmna itu coba jelaskanya mas … makasih

  • Bambang Sucipto

    Kalo mau pindahin dari primary drive ke logical drive pke win 7 itu gmn yah caranya?

  • Janndi Nugroho

    Berhasil Berhasill..
    Makasi Info nya Oom, sangat membantu para pemula seperti saya.

  • ade deny

    Hatur Nuhun Pisan……….

  • Saya sudah coba langkah-langkah yang dijelaskan diatas. Namun selalu muncul kalimat “There is not enough space available to complete this operation”
    Kenapa ya. Padahal tahapannya sudah saya ikutin semua.
    Terima kasih.

  • Kalau dilihat dari errornya, itu berarti ruang minimum untuk membuat partisi baru kurang bos. Memang sisa berapa hardisknya. Pastikan setidaknya ada 20GB lebih

  • Thank you dude

  • Hatur Nuhun Kang, Sangat membantu sekali!!!

  • Sami2 kang… Hatur nuhun juga dah mampir 🙂

  • kalau bikin partisi yang ke tiga misalnya local disk C, D dan E bisa ga kang?
    makasih,,,

  • Bisa mas..

  • mau tanya berarti walau drive c dipartisi tidak akan mngganggu sistem operasi, padahal sistem operasi disimpan di C ?

  • Betul mas Noor 🙂 selama space harddisk yang dialokasikan masih masuk minimal yang disyaratkan OS 🙂

  • sobat aku uda coba dengan cara yg sperti di atas tapi masih error,,, g mana lagi caranya sobat..?

  • klo mo nambahin drive C bs gak gan?? trus ada efek sampingny gk,,misal klo salah data jd ilang ?

  • Terima Kasih … Sangat Membantu …
    Maju Terus PC+

  • Ane udh puny partisi C: & D: dan Ane mw tambah lagi partisi kok g bisa…..,
    malh sekarng da tambahan partisi yang ( unallocated ), mw ane Creat ( New Simple Volume ) kok malah muncul pesan ” you cannot create a new volume in this unallocated space because the disk already contains the maximum number of partitions ”
    Jadi gmn penyelesaiaan.nya gan?????
    Tolg bantu ane……,

  • ko blum muncul volume atau lokal dik baru kang?
    tapi jatah di lokal disk C berkurang.

  • terimakasih gan ilmunya…

  • Bro saya sudah coba dan sudah muncul unallocated disknya…tapi pas mau diformat terakhir2 muncul pesan ” the operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic, you will not be able to start installed operating system from any volume on the disk(s) (except the current boot volume). Are you want to continue?”

    pas di klik “Yes” dia bilang “your operating system does not support this action”

    aduh….help…tks

  • Maaf mas numpang nanya.laptop axio teristal win7 ultimete tpi terformat.istal ulang muncul partisi 1 sytem.2.,3.,4.utama hrs instal d mana.tolong mas

Komentar kamu