Panasonic PHK 17 Ribu Pekerjanya

TOKYO, JUMAT – Tahun fiskal lalu, raksasa teknologi Jepang Panasonic sudah menghentikan 18.000 pekerjanya. Ternyata itu belum berakhir. Tahun ini Panasonic mengumumkan akan memangkas 17.000 pekerja lagi. Penghentian pekerja selama dua tahun berikutnya akan mencakup 5% dari jumlah tenaga kerja Panasonic.

Total 35 ribu pekerja Panasonic akan dihentikan sampai Maret 2013. Pemangkasan karyawan ini terkait dengan rencana Panasonic untuk menurunkan biaya operasional dan agar tetap kompetitif dengan para pesaingnya di Asia.

“Jumlahnya besar, tetapi perusahaan (kami) juga besar, dan untuk yang bergaya lama seperti Panasonic, ini adalah gebrakan besar,” kata chief investment officer di Stats Management, Toru Hashizume.

Panasonic yang dulunya tak tertandingi kini harus menghadapi para pesaing asal Korea dan Cina yang menawarkan harga lebih murah. Agar bisa bersaing melawan Samsung, LG dan lain-lain, produsen jajaran Viera dan Lumix itu sekarang menggeser fokusnya ke bisnis yang terkait dengan lingkungan dan energi.

Menurut Panasonic, jika tidak dipengaruhi gempa, tahun ini diperkirakan perusahaan dapat mengantongi laba operasi sebesar 310 miliar yen.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.