People Widget, Nantinya Gmail Bisa Tampilkan Profil si Pengirim Email

Google umumkan fitur anyar di Gmail, People Widget. Dengan widget ini, kamu bisa tahu informasi dengan siapa kamu berkorespondensi di layanan surat elektronik itu. Kamu tidak perlu menginstal widget agar layanan ini bisa digunakan. Informasi ini akan langsung ditampilkan Google di Gmail, dalam beberapa minggu ke depan.

Fitur seperti bukan hal baru. Sebab, sebelumnya startups seperti Xobni dan Rapportive telah melakukan hal serupa. microsoft juga membuat hal serupa lewat Outlook Social Connector. Sementara Xobni berjalan di Blackberry dan Outlook. Fitur ini mungkin jadi ancaman bagi Rapportative yang berjalan di Gmail. Bedanya, Raportative mengumpulkan data dari lebih banyak sumber, LinkedIn, Skype, Facebook.

Tapi, Google cuma mengambil data dari lingkungannya sendiri, Google Buzz, Google Docs, dan Google Calendar. Dengan demikian, informasi yang ditampilkan, terkait jabatan orang tersebut, kontak email terakhir, dokumen yang dipakai bersma di google Docs, foto, kalender, juga update Buzz. Banyak yang berharap update Twitter pun bisa disertakan dalam widget ini.

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.