Google Akan Uji Coba Layanan Mobile Payment Lewat Ponsel

imageJAKARTA,  KAMIS РGoogle berencana untuk meluncurkan mobile payment menggunakan NFC pertamanya Kamis ini. Meski demikian, layanan mobile payment ini masih dalam tahap uji coba. Nama Google Wallet kemungkinan akan jadi sebutan untuk layanan ini.

Uji coba layanan ini akan dilakukan di lima kota di Amerika Serikat (AS). Hanya perangkat dengan chip NFC tertanam didalamnya yang bisa menikmati layanan ini. Handset yang disertakan untuk uji coba pertama ini sepertinya akan jatuh pada Nexus S milik Sprint yang sudah ditanami chip tersebut.

Soal mobile payment, Google masih kalah populer dari Apple. Sebab, banyak orang yang menyukai kemudahan membayar aplikasi di AppStore lewat iTunes mereka. Cukup mengklik tombol beli, iTunes yang memiliki file kartu kredit  akan menyelesaikan proses lainnya. Meski sebenarnya Google juga memiliki layanan membayar aplikasi di Android Market menggunakan kartu kredit.

Teknologi mobile payment menggunakan NFC ini pun beberapa tahun belakangan sebenarnya sudah santer terdengar. Lihat saja bagaimana Nokia menanamkan chip NFC tersebut pada perangkat-perangkat terdahulunya, seperti dilansir GigaOM. Namun, memang belum ada yang serius menggarapnya. Sehingga, dalam implementasi teknologi ini, Google memang jadi pionir.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: