Pemenang Indigo Fellowship Akan di Inkubasi

Setelah memasuki tahun ketiga, Indigo (Indonesian Digital Community) Fellowship Award 2011 kembali digelar PT Telkom Tbk. Empat kategori kembali dipertandingkan. Berbeda dengan tahun kemarin, empat kategori Indigo Fellowship 2011 adalah aplikasi dan konten berbasis mobile, web, bisnis, serta animasi dan digital comic. Bedanya lagi, pemenang yang terpilih akan mendapat fasilitas inkubasi teknis dan bisnis dari PT Telkom, lewat Indigo Venture.

Sejak awal dibuat, Indigo memang hadir untuk menelurkan digitalpreneur baru dalam industri digital. Sejalan dengan maksud itu, PT Telkom lantas berencana membuat program inkubasi bagi para pemenang Indigo Fellowship. Dengan adanya inkubasi ini, tentu bisa membantu para pemenang untuk memperpanjang napas perusahaan mula mereka.

Tak semua pemenang bisa mendapat fasilitas ini. “Dari 15 pemenang, 5 pemenangnya akan akan dievaluasi untuk mendapatkan program Indigo Venture. Kami memilih yang prospek bisnisnya baik dari para pemenang itu,”¬†ujar Joddy Hernady, Executive General Manager Telkom. Tak cuma pemenang tahun ini yang akan mendapat fasilitas ini, pemenang terpilih dari Indigo 2009 dan 2010 juga mendapat kesempatan ikutan Indigo Venture yang baru akan dicetuskan tahun ini.

Beberapa pemenang Indigo 2010 yang sudah diseleksi diantaranya, Adadiskon.com, Portmap, Infokes, dan Komik Hebring, seperti dijelaskan . Marlin Sugama, salah satu founder Komik Hebring menjelaskan, kalau perusahaannya saat ini memang belum mendapat inkubasi apapun. “Pelaksanaannya memang belum, baru mau tahun ini,” ujarnya. Namun, menurut Marlin, Telkom sempat memfasilitasi komik Henring untuk masuk dalam situs telkom speedy dan membantu menjembatani dengan penerbit Gramedia ketika perusahaannya hendak menerbitkan komik Hebring versi cetak.

Begitupula dengan Infokes, M, Hanif Dinada, CEO Inovasi.net yang mendevelop Infokes, menyebutkan kalau selama ini memang belum bentuk dukungan inkubasi dari Telkom bagi perusahaannya. Telkom baru menggunakan perangkat lunak buatannya untuk kegiatan CSR perusahaan di beberapa puskesmas daerah.

Pemenang Indigo nantinya akan mendapat dana awal 50juta. Tak tertutup kemungkinan pemenang akan mendapat kucuan dana tambahan seperti diungkap Marlin. Meski demikian, ia menolak menyebutkan besar kucuran dana tambahan itu.

Indra Utoyo, Direktur IT&Supply Telkom, juga menyebutkan kalau karya pemenang berpeluang dikembangkan bersama Telkom Group menjadi produk konten dan aplikasi yang siap dipasarkanke pelanggan, seperti tertera dalam rilisnya. Maka tak heran jika Bilpen Nainggolan, Senior Manager Reasearch of Business telkom, yang nantinya akan memegang program inkubasi ini, menyebutkan bahwa mutualisme antara aplikasi dan konten yang dimiliki pemenang dengan PT Telkom jadi salah satu barometer perusahaan pemenang yang akan diinkubasi.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

One thought on “Pemenang Indigo Fellowship Akan di Inkubasi

  • 17/06/2011 at 15:16
    Permalink

    Wah.. selamat kepada para pemenang Indigo fellowship PT Telkom. semoga janji telkom tersebut bener-benber terlaksana. karna denger2x pengalaman dari beberapa winner tahun2x dulu PT telkom suka tidak tepat janji lho…:) semoga penyelengaraan tahun ini lebih baik lagi dan semua harapan2x tersebut dilaksanakan..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.