Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

31 Juli, Profil Privat Google akan Ditiadakan

JAKARTA, SELASA – Kabar buruk bagi kamu yang suka menyimpan Google Profile-nya di luar hasil pencarian Google. Profilmu mungkin dihapus oleh Google.

Ketika Google meluncurkan Google+ pekan lalu, kamu yang menerima undangan dengan cepat mendapatkan bahwa layanan itu membuatkan halaman G+ di atas halaman Google Profile-mu. Alih-alih halaman Google Profiles yang tampil dalam hasil pencarian, orang akan melihat profil G+ milikmu. Namun hari ini, dalam rangka persiapan peluncuran Google+ untuk publik, perusahaan tersebut meniadakan opsi untuk menyembunyikan profilmu.

Menurut pernyataan Google, semua profil privat akan dihapus pada 31 Juli. Kendati kamu masih dapat mengutak-atik seting privasi agar sejumlah kecil informasi ditampilkan ke publik (setidaknya nama dan jenis kelamin), ini merupakan kabar buruk bagi yang tidak ingin mengelola satu profil lagi. Namun menurut Google, Google+ bertujuan untuk memungkinkan kamu terkoneksi  dengan orang-orang lain, dan itu tidak bisa dilakukan jika mereka tidak bisa menemukan kamu.

“Tujuan Google Profiles adalah memungkinkan kamu mengelola identitas online-mu,” kata Google. “Hari ini, nyaris semua Google Profiles bersifat publik. Kami yakin menggunakan Google Profiles untuk membantu orang menemukan dan terkoneksi dengan kamu secara online adalah cara terbaik menggunakan produk tersebut. Profil privat tidak memungkinkan hal ini, jadi kami memutuskan untuk menjadikan semua profil bersifat publik.”

“Camkan bahwa nama lengkap dan jenis kelamin adalah satu-satunya informasi yang dibutuhkan yang akan tampil di profilmu; kamu akan bisa menyunting atau membuang sebarang informasi lain yang tidak ingin kamu sebarkan.”

Nah, jika sekarang kamu punya profil privat tetapi tidak ingin menjadikannya publik, hapuslah. Atau, biarkan saja. Toh semua profil privat akan dihapus setelah 31 Juli 2011.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu