Android Jawara Lomba OS Dunia

JAKARTA, SELASA – Di enam dari delapan negara utama, sistem operasi Android muncul sebagai sistem operasi (OS) mobile yang paling banyak dipakai. Begitu menurut data yang diungkap Kantar Worldpanel Comtech dan dipublikasikan harian the Guardian di Inggris.

Di Inggris, Android sangat populer yang dipicu oleh banyaknya pengguna baru smartphone. Disebutkan, penjualan semua Android baru kebanyakan berasal dari para pengguna yang tadinya menggunakan ponsel berfitur. Sementara itu yang pindah dari OS lain hanya 1,4%.

Kekalahan Android merupakan kemenangan bagi Research in Motion (RIM), yang 85% penggunanya dulu merupakan pengguna ponsel berfitur. Menurut direktur global insight consumer Kantar Worldpane Comtech Dominic Sunnebo, banyak pengguna yang menguatirkan hilangnya aplikasi-aplikasi yang telah mereka beli melalui Apple store.

“Kami belum melihat tanda-tanda jelas beralihnya konsumen dari Android dan Apple. Data kami menunjukkan bahwa pelanggan Apple dan Android sangat loyal ketika memilih upgrade. Satu alasannya adalah investasi yang telah mereka lakukan melalui apps,” kata Sunnebo.

“Di Perancis misalnya, iPhone bernilai rata-rata  €215, dan 17% dari pemilik iPhone mengunduh lebih dari 10 aplikasi setiap bulan. Investasi ini akan hilang jika mereka memilih OS yang berbeda karena aplikasi-aplikasi itu tidak bisa ditransfer.”

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Android Jawara Lomba OS Dunia

  • 01/09/2011 at 15:35
    Permalink

    percaya banget.. gw aje sudah jual bb kesayanganan gw
    iri lihat teman2 yg bisa download ribuan aplikasi gratis
    fenomena android memang luar biasa !!!
    bravo google, bravo android, bravo opensource !!!

  • 24/09/2011 at 11:53
    Permalink

    tulisan ini “Kekalahan Android merupakan kemenangan bagi Research in Motion (RIM), yang 85% penggunanya dulu merupakan pengguna ponsel berfitur.”
    maksudnya apa? kan lagi ngomongin kemenangan android kok jadi kekalahan android?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.