Microsoft Tabukan Password Hotmail yang Mudah Ditebak

JAKARTA, SENIN –  Kamu pasti tahu kalau bikin password harus yang sulit ditebak. Tahu, tapi belum tentu mempraktekannya. Nah, Microsoft punya cara jitu agar kita tidak memakai password yang mudah ditebak di Hotmail. Yakni dengan melarang pemakaian password yang mudah ditebak.

“Punya password yang umum membuat akunmu rentan terhadap serangan “kamus” brute force (paksa), di mana orang jahat mencoba membajak akunmu dengan menebak-nebak password (dengan menggunakan daftar pendek dari password yang umum),” kata Hotmail group product manager Dick Craddock.

“Tentu saja, Hotmail punya perlindungan built-in terhadap serangan kamus standar, tetapi ketika seseorang bisa menebak passwordmu dalam beberapa percobaan, itu bukanlah ‘brute force’!”

Eh, jangan kira Cuma angka 123456 yang dilarang loh. Kata – ‘ilovecats’ dan ‘gogiants’ pun ditabukan.

Fitur baru lainnya memungkinkan pengguna untuk melaporkan ketika akun temannya diterobos. “Ketika akun seseorang dibajajk, teman-temannya seringkali tahu lebih dulu karena para pembajak menggunakan akun mereka untuk mengirim spam atau phishing email ke semua kontak mereka,” kata Craddock.

“Ketika kamu mendapat pesan spam yang sepertinya dari teman, klik saja ‘My friend’s been hacked!’ pada menu ‘Mark as’.  Kamu juga dapat melaporkan sebuah akun sebagai terbobol ketika kamu menandai pesan sebagai sampah (junk) atau menggeser pesan ke folder Junk.”

Sistem ini telah diuji Microsoft selama beberapa minggu. Menurut Microsoft, mereka telah mengidentifikasi ribuan orang yang akunnya dibajak, dan membantu mereka mengklaimnya kembali  – biasanya dalam hitungan satu hari.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.