Ada WIFI di Stasiun dan Gerbong Kereta Api

Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur Komersial KAI (kiri), Indar Atmanto, Direktur Utama IM2 (tengah) dan Suharso W. Sulistyo, Direktur Operasional IM2, saat mencoba layanan hotspot di stasiun Gambir, Jakarta

JAKARTA, SELASA – Jelang Idul Fitri tahun ini PT. Indosat Mega Media (IM2) bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) memperkenalkan layanan barunya berupa penyediaan titik-titik hotspot di 7 stasiun kereta besar di pulau Jawa dan 82 kereta eksekutif ke berbagai tujuan.

Tujuh stasiun besar itu antara lain: stasiun Gambir Jakarta, stasiun kereta api Bandung, stasiun Semarang Tawang, stasiun Jogjakarta, stasiun Solo Balapan, stasiun Surabaya Pasar Turi dan stasiun Surabaya Gubeng. Sementara gerbang kereta eksekutif yang dibekali hotspot IM2 antara lain dengan tujuan Jakarta – Bandung (Parahyangan), Jakarta – Surabaya (Sembrani), Jakarta – Surabaya (Bima), Jakarta – Jogjakarta (Argo Lawu), Jakarta – Semarang (Argo Muria), Jakarta – Solo (Taksaka), Surabaya – Jogjakarta (Sancaka) dan Surabaya – Bandung (Argo Wilis).

Meskipun diperkenalkan menjelang lebaran, layanan hotspot Indosat ini tidak lantas berakhir ketika masa mudik usai melainkan akan beroperasi seterusnya. Menurut Sulistyo Wimbo Hardjito (Direktur Komersial PT KAI) fasilitas hotspot ini¬† untuk melayani pengguna angkutan yang lebih banyak bergerak sehingga diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api. “Di stasiun Gambir ini misalnya, semua sudah tersedia dari mulai makanan sampai shower untuk mandi air hangat. Fasilitas baru ini diharap bisa melengkapi fasilitas-fasilitas yang sudah ada di stasiun kereta,” jelas Sulistyo.

Fasilitas hotspot IM2 ini terbagi dua jalur, yang gratis dan berbayar. layanan gratis bisa didapat dengan mengkoneksikan perangkat ke hotspot beridentitas “IM2-KAI”. Password¬† (WEP Key) untuk hotspot ini “indosatm2-kai” (tanpa tanda kutip). Hanya saja layanan gratis ini dibatasi hanya untuk kegiatan browsing internet tanpa bisa mengunduh atau melakukan streaming video dan audio.

Jika pengguna butuh fasilitas unduh, streaming audio dan video, IM2 menyediakan hotspot lain dengan identitas “IndosatNet”. Hotspot ini akan membebankan biaya Rp. 0,5/MB ke pengguna yang sudah memiliki akun IM2 atau pengguna yang punya nomor Indosat. Voucher untuk layanan ini yang dapat dibeli melalui SMS ke nomor 6789 dengan format IM2Prepaid [spasi] nilai voucher (10.000 dan 25.000).

“Saat ini bandwidth internet kita buka (tanpa batasan) untuk setiap titik akses hotspot baik di stasiun maupun gerbong kereta api. Setiap akses poin Indosat kira-kira bisa menampung sampai 25 dan khusus di gerbong kereta jalur internet WIFI disambungkan dengan jaringan HSDPA milik IM2. Ada juga kontrol load balancing yang mengatur pengguna ke server terdekat Indosat, supaya lebih cepat” jelas Suharso W. Sulistyo (Direktur Operasional PT. Indosat Mega Media) saat ditemui di sela-sela peluncuran layanan ini. Ia juga mengatakan bahwa semua layanan hotspot ini (termasuk layanan hotspot yang berbayar) akan digratiskan sampai akhir lebaran tahun ini. “Setelah itu skema pembayaran baru akan diberlakukan untuk layanan premium (identitas hotspot “IndosatNet),” tambahnya.

Kerjasama antara IM2 dan PT. KAI ini sementara baru mencakup wilayah pulau Jawa. Tidak menutup kemungkinan kerjasama ini akan dikembangkan ke pulau lain jika ada sambutan positif dari masyarakat, khususnya pengguna kereta.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

One thought on “Ada WIFI di Stasiun dan Gerbong Kereta Api

  • 17/03/2012 at 23:57
    Permalink

    malam minta tolong sama bapak akifiakan wifi saya yang hp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.