Mudik? Ini Lima Tips agar Ponsel Androidmu Aman

JAKARTA, KAMIS – Hari raya Lebaran tinggal hitungan hari. Di antara kamu pasti banyak yang sedang bersiap-siap mudik baik via perjalanan darat, laut, atau udara. Nah selama perjalanan mudik, kamu bisa menggunakan smartphone tidak hanya untuk menghibur diri, tapi juga untuk membantu kamu mencari informasi jalur mudik yang asyik. Banyak info tentang hal ini bisa kamu cari dengan bantuan Google.

Tapi hati-hati loh saat mengunduh aplikasi atau informasi. Sebab ancaman virus selalu mengancam. Jangan sampai kamu lengah hanya gara-gara kenikmatan ‘sesaat’ dengan mengikuti link sesat.  Salah-salah ponsel pintarmu yang berbasis Android bisa ngadat (hang).

Asal tahu saja, pertengahan tahun ini sudah terdeteksi tiga installer palsu untuk update aplikasi untuk Android, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A.  Ada juga malware terbaru, namanya Droid Dream Light (DDLight). Yang ini telah berhasil memerdaya 30.000 – 120.000 pengguna untuk menggunakan 25 aplikasi terinfeksi. Begitu tulis Trend Micro dalam siaran persnya.

Gawat juga ya? Tenang, kamu bisa kok mengamankan ponsel Android-mu. Simak dulu lima tips dari Trend Micro ini:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Androidmu

Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih seting Auto Connect untuk Wi-Fi

Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika kamu memakai Internet banking.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market

Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi

Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Androidmu

Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password kamu,tapi juga semua data transaksi mobile banking kamu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.