Lho, Segel Keamanan Itu Palsu?

JAKARTA, SELASA – Tergiur nggak kalau ada harga diskon untuk produk software ternama di Internet? Wajarnya sih tergiur dong. Nah, hati-hati ya. Sebab para pencuri data makin licin dalam beraksi.

Salah satu trik baru yang dipakai di situs phishing adalah menyamar sebagai perusahaan software terkenal dan menawarkan harga korting. Trik lainnya adalah meng-hosting situs phishing dengan nama domain baru yang diindeks oleh beberapa mesin pencari Internet dan punya peringkat tinggi. Lainnya lagi adalah halaman bawah situs phishing pun memamerkan segel keamanan, yang ternyata palsu juga.

Di situs phishing yang menyaru sebagai produsen software dan pasang segel keamanan palsu itu biasanya kamu akan diminta memasukkan informasi tagihan, informasi pribadi, dan rincian kartu kredit untuk melengkapi pembelian. Informasi pribadi itu adalah e-mail dan nomor telepon. Jika ada pengguna yang menjadi korban dari situs phishing ini, maka informasi pribadi mereka  akan dimanfaatkan penyerang untuk meraih keuntungan.

Begitu kata Symantec yang telah mengamati situs phishing. Jadi selalu berhati-hati ya saat keluyuran di Internet. Jangan sebarang mengklik link yang tak jelas.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.