Review Tablet Creative ZiiO 7 inci

Perkembangan Android yang pesat membuat Creative—produsen yang terkenal dengan kartu suara dan multimedia player—merilis tablet “robot hijau” lewat seri ZiiO. Creative ZiiO hadir dengan layar 7˝ 480 x 800 piksel dan 10˝ 1024 x 600 piksel. O ya, yang 7˝ memiliki warna putih, 10˝ hitam.

Hal paling menarik di tablet dengan grip licin ini ada pada fi tur audio: X-Fi Crystalizer dan X-Fi Expand untuk suara yang lebih berkualitas dan luas. Meskipun begitu, untuk memperoleh hasil yang maksimal, harap menggunakan headphone/headset.

Berbeda dengan kebanyakan, Creative menyajikan beberapa aplikasi sendiri yang lebih mudah dimengerti pengguna awam seperti ZiiExplorer, ZiiMusic, ZiiVideo, dan Zii Space. Navigasinya pun cukup nyaman. Sayangnya, ia tak menyertakan Android Market dan menggantinya dengan ZiiStore yang kalah luas dan aksesnya lebih lamban. Untuk download pun menggunakan akun milik Zii sendiri, bisa merepotkan. Belum lagi, kinerja 3D dan WiFinya kurang, serta tidak ada GPS dan multitouch.

Keseluruhan, sebutan “tablet yang menghibur” untuk Creative ZiiO sudah tepat. Kemampuan audio video-nya memang mumpuni. Banyak materi multimedia berjalan lancar di sini. Jika layar kurang besar, sambungkan saja ke LCD TV lewat koneksi HDMI.
(dap)


Hasil Uji

Quadrant Advanced
Total 2105
CPU 3862
3D 542
Neocore Benchmark 25,3 fp

 


Spesifikasi

Prosesor ZiiLABS ZMS-08 HD 1GHz (ARM Cortex A8)
Memori Utama 512MB
Kartu Grafis
Media Simpan Internal 16MB NAND Flash
Wireless 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR
Layar 7˝ 800 x 480 piksel, resistive
Sistem Operasi Android versi 2.1 (PCplus upgrade ke 2.2)
Lain-Lain Mini USB, mini-HDMI, Audio Out
Bobot 415gr
Situs web www.creative.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 2.350.000,- (8GB)

*Atikom (021) 6123612

+ Kinerja CPU cepat, navigasi cukup nyaman, audio sangat bagus, ada beberapa aplikasi bawaan menarik.
– Grip licin, bobot agak berat, kinerja 3D dan WiFi kurang, tidak ada GPS, tanpa Android Market, tidak dukung multitouch.

Rating  8,2

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: