Tahun 2016, Android Tumbangkan Dominasi Pasar Aplikasi Apple

JAKARTA, SENIN – Dalam kurun lima tahun, Android dijagokan akan mendominasi pasar aplikasi. Jumlah unduhan aplikasi Android ketika itu diperkirakan nyaris 2x unduhan aplikasi untuk Apple iPhone. Begitu prediksi lembaga analis Ovum.

Menurut prediksi Ovum, pada tahun 2016 nanti unduhan aplikasi Android akan berjumlah 21,8 miliar. Sementara aplikasi iPhone yang diunduh ada di angka 11,6 miliar. Artinya, aplikasi Android akan unggul nyaris dua kali lipat dibandingkan aplikasi Apple.

Tahun ini, kata Ovum, untuk pertama kalinya Android akan mencuri dominasi dari tangan iPhone dengan jumlah unduhan 8,1 miliar. Unduhan Apple sendiri dicatat di angka 6 miliar. Sementara tahun lalu, kedua pemain papan atas itu mencapai angka unduhan masing-masing 1,4 miliar (Android) dan 2,7 miliar (Apple).

Unduhan aplikasi ponsel di seluruh dunia akan mencapai 18 juta pada akhir tahun ini. Angka ini naik 144% dari 7,4 miliar yang diunduh pada tahun 2010. Begitu kata Ovum yang meramalkan bahwa tahun ini angka unduhan akan tumbuh sangat besar. Tahun 2016, angka itu diperkirakan mencapai 45 miliar.

Yang menarik, Ovum juga memrediksikan melambungnya sistem operasi Windows Phone. Windows Phone disebut-sebut akan melengserkan Blackberry OS ke posisi ketiga dalam jumlah unduhan dan revenue pada tahun 2015.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.