Tuesday, March 5, 2024
Tutorial Software

Ganti Konfigurasi Jaringan dengan Sekali Klik

Kami akan menggunakan sebuah ilustrasi situasi untuk menjelaskan penggunaan aplikasi bernama NetSetMan karya Ilja Herlein dan dapat di download di alamat www.netsetman.com ini. Misalnya, di rumah atau kantor Anda terdapat lebih dari satu sambungan internet (lebih dari satu gateway), maka Anda dapat berpindah ke sambungan internet yang lain jika sambungan yang sedang Anda gunakan terputus atau mungkin sangat sibuk sehingga sangat lambat.

Namun, untuk berpindah koneksi, Anda harus mengakses dan mengubah konfigurasi parameter jaringan (misalnya di Windows XP melalui klik kanan My Network Places > Properties, lalu klik kanan pada ikon LAN dan pilih Properties, selanjutnya klik beruntun pada Internet Protocol (TCP/IP), ubah parameter jaringan, barulah klik tombol OK). Sungguh langkah yang panjang.

Alternatif solusinya, ya dengan aplikasi NetSetMan. Berikut ini cara penggunaannya:

  1. Jalankan NetSetMan. Pada kotak dialog, klik tab Set1 lalu atur konfigurasi jaringan untuk koneksi internet (gateway) pertama.

  2. Buka tab Set2 lalu lakukan hal yang sama dengan konfigurasi untuk koneksi internet (gateway) kedua.

  3. Pilih konfigurasi koneksi manakah yang akan Anda gunakan, lalu klik tombol Activate.

  4. Tunggu sampai tampil kotak dialog yang menunjukkan seluruh set konfigurasi yang dipilih telah diterapkan (ditandai dengan teks OK berwarna hijau dan teks Done). Mudah, bukan?

    Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat. (Vincent Bayu Tapa Brata)

4 thoughts on “Ganti Konfigurasi Jaringan dengan Sekali Klik

  • cukup mudah dan sangat membantu. 🙂

  • softwarenya bagus,bisa sangat membantu dlm jaringan nech

  • bagus , so yang mendukung sw tersebut apa aja?

Komentar kamu