
JAKARTA, RABU – Netgear, produsen perangkat jaringan asal Amerika hari ini (30/11) resmi hadir di Indonesia. Meskipun punya banyak produk retail untuk pengguna rumahan, namun Netgear memilih untuk fokus ke unit usaha komersial termasuk di dalamnya usaha kecil dan menengah (UKM).
“Indonesia adalah pasar yang besar, dengan potensi pertumbuhan yang tinggi. Usaha kecil dan menengah di Indonesia sedang mencari solusi jaringan terbaik yang dapat diandalkan, sederhana dan dengan harga terjangkau,” jelas Richard Jonker, Managing Director, Emerging Market, Netgear Inc,. Untuk mendukung strategi pemasaran di Indonesia, Netgear menggandeng PT. Sistech Kharisma sebagai distributor resmi produk-produknya, termasuk untuk pelanggan korporasi dan UKM.
Netgear sendiri memiliki 3 unit bisnis utama pemasaran produknya, yaitu Commercial Bussiness Unit, Retail/Home Business Unit, dan Service Provider Business Unit. Commercial Business adalah unit yang akan difokuskan di Indonesia yang antara lain menyediakan proudk-produk Smart Switch pertama dengan kapasitas koneksi 10GE.
Produk penyimpanan data jaringan adalah segmen lain yang juga dijagokan Netgear. Versi terbarunya adalah ReadyNAS Duo dan ReadyNAS NV+ yang diperkenalkan awal November lalu. Keduanya memiliki sistem hotswap disk dan ekspansi kapasitas otomatis serta dukungan terhadap USB 3.0. Hebatnya, dengan kedua produk ini, pengguna bisa menciptakan sistem cloud probadi yang aman untuk menyimpan dan mengakses data mereka, seperti foto, video, musik, dan dokumen lain dari internet. Produk ini juga menyediakan aplikasi mobile untuk platform iOS Android, PC dan Mac yang menawarkan akses 128bit SSL. (Brama Setyadi)