Pakai Earphone Beats Audio, Musik di Smartphone Kian Asyik

JAKARTA, SELASA – Sejak lahir mayoritas orang sebenarnya sudah terbiasa mendengar musik. Biasanya sang ibulah yang memperkenalkan musik – dalam bentuk nyanyian atau senandung —  saat ia menenangkan bayi yang rewel. Dalam perjalanan hidupnya, orang kemudian bisa saja lebih mengapresiasi musik.

Saat ini kalau kamu perhatikan, musik menyapa kita dari sejak bangun tidur. Acara TV didominasi oleh musik (selain talk show). Begitu pula siaran radio. Di angkutan umum maupun pribadi, banyak orang sekarang terlihat asyik menggoyangkan kepala dengan lubang telinga ‘tersumbat’ earphone. Bahkan ada yang menggunakan headphone yang trendi.

Earphone tersebut ada yang tersambung ke  MP3 player. Namun belakangan kebanyakan orang mengoneksikannya ke smartphone. Ya, smartphone masa kini juga mengusung kemampuan memutar musik yang baik. Namun, menurut Agus Sugiharto (Country Manager, HTC Indonesia), earphone atau headphone yang bagus tidak akan optimal jika tidak didampingi pemutar musik yang sudah disetel khusus untuk mendampingi perangkat tersebut. Agus merujuk ke earbud earphone Beats Audio by Dr. Dre yang kini dibundelkan bersama smartphone HTC Sensation XE.

Ketika earbud earphone Beats Audio ini dijejalkan ke liang telinga, seakan-akan tersumbatlah liang tersebut. Alhasil tak ada suara luar yang menyusup masuk ke telinga. Hanya suara dari speaker smartphone yang disalurkan via earphone langsung ke sensor telinga yang terdengar. Suara musik terdengar kuat, tetapi jernih. Dentaman bass-nya mantap.

O ya, begitu earphone ditempelkan ke jack audio 3,5mm HTC Sensation XE, di layar kita akan melihat sebuah logo merah. Itulah indikator bahwa earphone sudah dirancang khusus untuk menemani si smartphone. Jika logo tidak muncul, suara yang diperdengarkan tidak istimewa, layaknya menggunakan sebuah earphone biasa.

Omong-omong mengapa earphone dari merek yang populer di kalangan penikmat audio itu kini dibundelkan bersama smartphone HTC Sensation XE? Ini tak lain karena dr. Dre sudah menjadi bagian dari HTC. “HTC mengakuisisi dr. Dre dengan saham mayoritas 51%. Di Eropa dan Amerika,  penjualannya (dr Dre) nomor satu,” terang Agus.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.