Review Kamera Digital Samsung WB210

Kamera saku dengan segudang fitur mungkin sudah biasa. Tapi yang punya kemampuan spesial bisa dihitung dengan jari. Samsung WB210 misalnya, selain punya fasilitas lengkap sebagai kamera saku, ia dibekali dengan fasilitas tambahan yang tidak umum, salah satunya layar sentuh.

Layar sentuh memang fitur yang paling unik di kamera ini. Dengannya hampir semua fitur kamera bisa diaktifkan, diubah atau dinonaktifkan. Itu sebabnya tidak banyak terlihat tombol fisik di WB210 selain tombol shutter, power, preview dan home. Tombol Home dipakai untuk mengaktifkan menu utama kamera 14 megapiksel ini.

Total ada 22 jenis moda yang disediakan jika pengguna menekan tombol Home, seperti Easy Shot (auto), Super Wide Shot, Close-Up Shot, Program, Timer, Object Highlight, Beauty Shot, Night Shot, Movie Recording, aneka efek foto, album dan pengaturan kamera. Kalau suka mengambil gambar dengan efek foto, coba masuk ke moda Smart Filter yang tersedia, kamu bakal menemukan efek-efek keren macam sketch (mengubah foto seperti digambar dengan pensil), foto tua, vignetting, fish eye, dan sebagainya. Selain efek, kreasi foto seperti bingkai dan tampilan album juga bisa ditemukan di kamera ini. Kamu cukup memilihnya sesuai selera dan biarkan kamera yang mengerjakan sisanya.

WB210 ini dibekali dengan Schneider Kreuznach Varioplan yang punya kemampuan pembesaran optis sampai 12 kali. Jika dipakai normal, lensa ini punya panjang fokus 24mm.

Fasilitas dan fitur yang tersedia di kamera ini terbilang hampir sempurna untuk sebuah kamera saku. Hanya saja ketiadaan tombol cepat agak mengganggu ketika PCplus mau mengubah moda kamera dengan cepat. Model koneksi data dan charger yang propitari juga menghambat jika kabel bawaan kamera ini tidak tersedia ketika dibutuhkan.
(bsd)


Spesifikasi

Resolusi Foto Maksimal 14 juta piksel
Resolusi Video Maksimal 1280×720 @ 30 fps
Ukuran lensa ekivalen 35mm 21/24-288 mm
Zoom 12x (optical) & 5x (digital)
Rentang Fokus Normal 6cm – tak berhingga
Ekivalen ISO 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
LCD 3,5 inci
Koneksi Mini HDMI 1.4, micro HDMI
Dimensi (plt) 10,1×5,9×2,2 cm
Bobot 136 gram (dengan baterai dan kartu memori)
Kelengkapan • Kabel USB
• Kabel AV
• CD Software
• Quick Guide
• Hand Strap
• Baterai Li-Ion dan Charger
• Kartu garansi
Garansi http://www.samsungimaging.com
Situs web 1 Tahun
Harga* Rp. 2.990.000

*Samsung Indonesia (021) 5299-1777


+ Layar sentuh, rentang kamera dari zoom sampai wide, fitur efek dan penyuntingan dalam kamera, kekuatan flash baik.

– Tidak ada tombol pintas ke fitur tertentu, kabel charger & data propitari.

 

Rating 7,9

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.